Gol Tunggal Modric Menangkan Kroasia Atas Turki di EURO 2016.

PARIS - Luka Modric sukses menjadi pahlawan kemenangan Kroasia atas Turki dalam partai pembuka Grup D Euro 2016 di Parc des Princes, Paris, Minggu (13/6) malam WIB. Lewat sepakan voli spektakuler di babak pertama, Modric menghadirkan gol semata wayang di pertandingan ini.

Kemenangan ini membuat Kroasia berhasil membalaskan dendam mereka terhadap Turki pada Euro 2008 lalu. Ketika itu, Turki menggagalkan langkah Kroasia ke semi-final setelah menang melalui adu penalti di perempat-final. Kroasia sebetulnya bisa menang lebih dari 1-0 di partai kali ini, namun mereka menyia-nyiakan banyak peluang emas.

Kroasia menurunkan line-up solid dengan menumpuk gelandang top seperti Modric, Ivan Rakitic, Marcelo Brozovic, dan Ivan Perisic. Komposisi ini membuat mereka tampak dominan sejak awal. Bahkan sebuah peluang bagus langsung tercipta di menit kelima lewat sepakan voli Rakitic yang masih melenceng.

Pasukan Ante Cacic terus menekan pertahanan Turki, namun penyelesaian akhir yang belum matang membuat gawang Turki yang dikawal Volkan Babacan relatif aman, di antaranya melalui Brozovic dan Mario Mandzukic yang belum tepat sasaran.

Turki sendiri terlihat lebih banyak bertahan, namun mereka tetap sanggup membuat peluang. Bahkan, tim asuhan Fatih Terim seharusnya bisa unggul terlebih dahulu di menit ke-29 ketika Ozan Tufan menanduk crossing Gokhan Gonul. Sayang, kiper Danijel Subasic berhasil mengantisipasinya secara cermat.

Di saat babak pertama sepertinya akan berakhir dengan skor kacamata, Modric hadir sebagai pembeda. Gelandang Real Madrid itu melepaskan sepakan voli sensasional dari luar kotak penalti yang merobek jala Babacan di menit ke-41 usai menyambar bola buangan dari pertahanan Turki. Keunggulan ini hampir langsung disamakan Turki lewat tandukan Cenk Tosun, namun hanya sebatas side-netting.

Memasuki babak kedua, Turki mencoba mengambil inisiatif serangan. Masuknya winger Volkan Sen membuat serangan Turki lebih intens, sayang tidak ada penuntas serangan di lini depan sehingga mereka kesulitan membuat peluang. Terim pun memasukkan dua pemain depan lain, yakni striker berpengalaman Burak Yilmaz dan wonderkid Emre Mor.

Di satu sisi, Kroasia terlihat lebih efektif dalam membuat peluang, seperti melalui tendangan bebas Darijo Srna yang masih mengenai mistar di menit ke-51. Kapten Kroasia itu membuat peluang lagi tiga menit berselang, sayang tendangannya dari jarak dekat masih melenceng dari gawang.

Buruknya penyelesaian akhir juga diperagakan Brozovic, yang mendapat dua peluang apik dalam tempo lima menit, namun semuanya masih melenceng. Tiang gawang kemudian kembali menjadi penghalang Kroasia untuk mencetak gol kedua, berturut-turut lewat tandukan Ivan Perisic dan Brozivic.

Memasuki sepuluh menit terakhir, kedua tim semakin intens dalam jual beli serangan. Turki mengawalinya lewat tendangan bebas Caner Erkin yang masih bisa ditangkis Subasic. Kroasia kemudian membalas lewat aksi Rakitic yang terlepas sendirian di kotak penalti, namun Babacan berhasil melakukan blok vital. Hingga akhir laga, skor tipis 1-0 untuk Kroasia tidak berubah. (bz)



1 comment:

  1. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || bbm : 55F97BD0 || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

Powered by Blogger.