Muba Rujukan Sekolah Internasional

Bupati Muba H Dodi Reza Berpose Bersama Usai Acara Di Jakarta
MUBA oganpost.com- Pendidikan di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mendapatkan kepercayaan dari Putra Sampoerna Foundation (PSF) dan Schoology Asia untuk menjadi Sekolah Rujukan dengan Standar Internasional. 

Keempat sekolah pelosok di Muba yang ditunjuk untuk menjadi Sekolah Rujukan Internasional yakni diantaranya SD Negeri 1 Babat Toman dan SD Negeri 1 Sungai Lilin, serta dua Sekolah Menengah Pertama yaitu SMP Negeri 1 Babat Toman dan SMP Negeri 1 Sungai Lilin.

“Muba satu-satunya Kabupaten di Indonesia yang ditunjuk untuk menjadi Sekolah Rujukan Berstandar Internasional dan empat sekolah yang dipilih ini dinilai tim verifikasi untuk menjadi Sekolah Rujukan Berstandar Internasional dan nantinya akan mengimbaskan program ke sekolah lainnya di Muba,"ujar Senior Director PSF, Elan Merdy di sela Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU- Memorandum of Understanding) antara Kabupaten Musi Banyuasin, SU, dan Schoology di Sampoerna Strategic Square, Lt 3a Function Room Jakarta,senin (31/7).

Dikatakannya anak-anak di Muba banyak memiliki potensi terlebih di bidang sains, tentu anak-anak yang memiliki potensi tersebut harus difasilitasi dengan baik oleh Pemerintah untuk menunjang sistem pembelajarannya. 

“Dengan implementasi sistem e learning atau digital nantinya sekolah-sekolah di Muba tentu akan lebih baik karena akan mencetak generasi pelajar yang berkompetensi global serta sejajar dengan pendidikan di 130 negara maju,"terangnya.

Dijelaskan dia, sistem digital yang diterapkan nantinya mengarahkan guru dan siswa untuk mengikuti perkembangan teknologi serta mengenalkan pendidikan berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, dan Math) dan pendidikan Bahasa Inggris kepada sistem pendidikan di MUBA.

"Ini bertujuan untuk mendorong peningkatan kualitas sekolah secara intensif melalui pendekatan komprehensif dan kolaboratif untuk mewujudkan sistem manajemen sekolah yang akuntabel,"jelas Elan.

Lanjutnya, kerjasama Lighthouse School Program (LSP) atau rujukan ini sudah diterapkan di 130 negara maju diantaranya di Margareth River School Australia dan Cempaka School Malaysia,"Kami berkeyakinan ke depan generasi pelajar di Muba akan lebih banyak lagi yang mampu bersaing di tingkat internasional dengan bekal ilmu yang diperoleh dari kerjasama LSP dan Pemkab Muba ini,"ucapnya.

Menurutnya, saat ini di Indonesia masih minim Kepala Daerah yang fokus dan komitmen untuk menerapkan sistem pembelajaran digital di sekolah-sekolah,"Saya lihat Pemkab Muba sangat serius untuk mengimplementasikan LSP ini, tidak hanya ceremonial kerjasama saja tapi tindaklanjutnya sangat dikejar untuk segera diterapkan sekolah-sekolah di kabupaten Muba,"bebernya. 

Sementara itu, Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin menuturkan bahwa langkah ini berperan strategis untuk membantu mencetak generasi masa depan MUBA dengan kompetensi global,”Kami melihat selama ini pelajar dan pendidik di daerah kurang banyak mendapatkan pengalaman langsung seperti apa pendidikan di negara lain, terutama negara maju,”tutur Dodi.

“Berbagai program pendidikan yang kami susun di Musi Banyuasin bersama dengan Sampoerna University bertujuan agar masyarakat kami siap menghadapi persaingan global serta dapat memberikan dampak kemajuan ekonomi dan sosial bagi daerah secara berkelanjutan,”tambahnya.

Ia menambahkan, selama ini dunia pendidikan lebih banyak berkutat dengan perbaikan fasilitas pembangunan, sementara kualitas pendidikan dikesampingkan,"Selama ini kita sudah menerapkan sekolah gratis, nah ke depan kita tidak fokus lagi dengan ini tetapi lebih menekankan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan pelajar di Muba yang berwawasan internasional,"tegasnya. 

Dikatakan Dodi Reza , dengan sistem pembelajaran digital di Muba bisa memacu motivasi pelajar untuk terus berinovasi dan bisa mensejajarkan pendidikan Kabupaten Muba dengan negara-negara berkembang,"Pada 2014 lalu pelajar di Muba dari SMA Negeri 2 Sekayu yakni Moza dan Anjani meraih juara III International Science and Engineering Fair (Intel ISEF) 2014 di Los Angeles, nah ke depan setelah menjajaki kerjasama Lighthouse School Program ini diharapkan akan banyak lagi pelajar di Muba yang berprestasi dan mengharumkan nama Kabupaten Muba,"harapnya.



Pada kesempatan itu, Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin juga didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Muba Drs Syafaruddin, Kepala BPKAD Mirwan Susanto, Kabag Hukum Yudi Herzandi, Senior Director PSF Elan Merdy, Director PSF Gusman Yahya, dan Managing Director Schoology Asia, Dr Rizal Hamzah.(sof)

2 comments:

  1. PROMO MERDEKA 2017 FREEBET POKERVITA
    SEGERA JOIN BBM : D.8.E.B.7.E.6.B
    www,P`0`K`E`R`V`1`T`A,com
    DAFTAR POKER
    POKER TERPERCAYA
    UPDATE

    ReplyDelete
  2. Gabung yuk di F*a*n*s*B*E*T*T*I*N*G
    Ini pin bbmnya 5ee80afe :D

    ReplyDelete

Powered by Blogger.