Penyaluran Bantuan PKH Gunakan ATM

Penerima PKH Kabupaten Ogan Ilir Antri Untuk Pencairan
INDRALAYA OI oganpost.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir, kembali menyalurkan bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (PKH). Usai menerima kartu yang dibagikan, puluhan ibu-ibu antre di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang parkir di Halaman BRI Tanjung Raja.

Para ibu-ibu ini terlihat antusias menarik dana PKH dari ATM yang sudah tersedia di Halaman BRI. Seorang petugas keamanan dari BRI, dengan sabar memberitahukan cara pemakaian ATM,“Ya, baru pertama kali narik uang di ATM. Selama ini, mana ada ATM. Nabung di bank saja nggak. Gimana mau nabung, uangnya pas-pasan buat makan sama sekolah anak. Malu sih, sudah zaman canggih begini belum pernah pakai ATM,” ungkap Emmy, salah seorang penerima PKH dari Kecamatan Tanjung Raja.

Dengan sistem non tunai ini, diakui Emmy, sangat membantu karena, setidaknya penerima PKH akan merasa lebih aman karena tidak membawa uang setelah mengambil dana PKH,“Ya, kalau dulu kan antre di kantor pos, sekarang lebih enak bisa ambil di ATM juga. Jadi, kita lebih aman. Hitung-hitung saya juga belajar pakai ATM,” ujarnya.

Menurut Emmy, untuk tahap pertama inimendapat uang dari PKH sebesar Rp 850 ribu. “Saya punya empat anak, ada satu balita, satu masih SD dan dua anak sudah SMA. Berhubung uang SPP anak saya sudah bayar, jadi saya mau tarik uang seperlunya dulu terutama untuk beli susu anak,” katanya.

Terpisah Koordinator PKH Kabupaten Ogan Ilir Munawir S.Pd mengatakan, PKH adalah program perlindungan sosial dari pemerintah pusat yang disalurkan secara non-tunai kepada keluarga miskin. Dimana, program ini digagas oleh Kementerian Sosial (Kemensos) RI untuk mengurangi beban keluarga miskin. Selain itu, diharapkan juga dapat memutus mata rantai kemiskinan. PKH ini juga diperuntukkan untuk lansia dan penyandang disabilitas,“Dengan adanya program ini, sasaran untuk memutus mata rantai kemiskinan ini, nantinya masyarakat miskin dapat keluar dari kemiskinan," ungkapnya.

Adapun jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk Kabupaten Ogan Ilir sebanyak 10.175 Rumah Tangga Sasaran (RTS). Akan tetapi jumlah ini dapat berubah tahap demi tahap,"Untuk ibu hamil dan balita selain dapat uang,juga wajib memeriksakan kesehatan ke posyandu, dan Untuk anak SD,SMP dan SMA Kewajiban Hadirnya di Sekolah 85 persen," jelasnya.

Ia menjelaskan ada lima komponen percepatan melalui program PKH ini. Yakni pengurangan penduduk miskin, pendidikan dasar, kesetaraan gender, angka kematian bayi ibu dan balita serta pengurangan angka ibu melahirkan.



Selain itu, dengan proses non tunai memudahkan mengontrol, memantau pencairan dananya. Dokumen yang harus dibawa oleh penerima PKH yakni membawa asli dan fotocopy identitas (KTP)/KK/surat keterangan dari aparat pemerintah setempat. Lalu membawa AR-01, FR-02, surat kuasa pemblokiran dan pendebetan rekening, kartu PKH dan surat keterangan penerima PKH dari kemensos,“Non tunai memang merepotkan tapi paling tidak memberikan keamanan dan kenyamanan penerima,” ungkapnya.(frd)

4 comments:

  1. Ayo daftarkan diri Anda di F*a*n*s*B*E*T*I*N*G :)
    pin bbm 5-E-E-8-0-A-F-E

    ReplyDelete
  2. Kunjungi F*I*F*A*P*O*K*E*R banyak permainan seru dan tentu saja banyak bonus menanti!! ada event menarik menyambut hari kemerdekaan kapan lagi hari merdeka, juga merdeka bet!!!!! pin BBM kami : 7-B-3-1-3-0-B-F

    ReplyDelete
  3. www,s1288poker,com: Bandar Taruhan Poker online yang menyediakan layanan mirip dengan salah satu permainan situs jejaring sosial yang telah banyak dimainkan dan diminati di Indonesia dan kami. Melakukan semua trasaksi menggunakan mata uang rupiah, Hanya dengan Minimal Deposit Rp.10.000 Saja dan Minimal Withdraw Rp.20.000, anda sudah dapat menikmati permainan poker dari kami. (PIN BBM : 7AC8D76B)













    ReplyDelete
  4. Merry Chistmas and Happy New Year
    Liburan Bersama ID303
    Dapatkan Special Offers
    Yuk Daftar Disini : ID303 .org

    Info Lebih Lanjut Bisa Hubungi Kami Di :
    Whatsapp : +628125522303
    BBM : CSID303

    Promo Bonus ID303
    Ayam Birma Asli

    Cek Jadwal Sabung Ayam Hari ini : Ayam PW

    ReplyDelete

Powered by Blogger.