Listrik Sudah Terangi Desa-Desa di Air Sugihan


KAYUAGUNG OKI oganpost.com-Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, SE bersama PLN Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (SS2JB) berhasil mengentaskan warga Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir dari keterbelakangan energi sebelumnya sejak di buka transmigrasi pada tahun 1982 silam, wilayah ini jauh terbelakang,pembangunan Jaringan listrik desa yang dimulai sejak tiga tahun lalu itu menjadi berkah tersendiri bagi warga Air Sugihan OKI karena dapat merasakan listrik 24 jam penuh.

Mahdi Harjo (70) Warga Desa Tirta Mulya Jalur 23 Air Sugihan mengaku sangat bersyukur listrik PLN sudah masuk ke desa mereka sehingga mereka sudah tidak menggunakan genset lagi,"Sebelum adanya PLN, kami menggunakan genset yang hidupnya kurang dari 10 jam sekarang bisa menyala lebih dari 10 jam, serta menghemat biaya penerangan per bulannya," ujar kakek 14 cucu ini.

Transmigran asal Cilacap Jawa Tengah yang sudah menempati Air Sugihan sejak 35 tahun lalu ini mengakui semakin banyak kemajuan yang dia dan keluarganya rasakan di Air Sugihan ditambah lagi program membangun desa yang dicanangkan bupati Iskandar,"Desa-desa semakin giat membangun, tunjangan perangkat desa juga semakin meningkat tidak seperti zaman kami dulu,"ungkap mantan kepala Desa Tirta Mulya periode 1985 sampai tahun 1990 ini.

Bupati OKI, H. Iskandar, SE saat melantik 8 kepala desa terpilih di Kecamatan Air Sugihan mengatakan listrik adalah bukti masyarakat Air Sugihan sudah merasakan kemerdekaan,"Kita ingin pembangunan yang merata dan berkeadilan dirasakan setiap warga OK setelah berpuluh puluh tahun kini Air Sugihan sudah 100 persen diterangi listrik, ini tanda kita sudah merdeka dari keterbelakangan,"ucap Iskandar di Balai Desa Rantau Karya Kecamatan Air Sugihan Selasa(17/10).

Melalui program listrik desa Pemerintah Kabupaten OKI bersama PLN Wilayah Sumsel Jambi dan Bengkulu (SS2JB) telah membangun jaringan tegangan rendah dan tegangan sedang sepanjang 197, 928 meter sirkit (ms) untuk mengaliri listrik 18 desa di Kecamatan Air Sugihan.

"Tahun 2013 kita bangun 123.306 ms jaringan listrik desa di 8 desa, tahun 2014 sepanjang 58,122 ms di 6 desa dan 2015 sepanjang 16.500 ms di 4 desa. Untuk pasokan energinya sudah dituntaskan hingga 100 persen,"ungkap kepala dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman Kabupaten OKI, Ir. Man Winardi,MTP.

Untuk desa Sungai Batang yang berada di pesisir pantai tambah Man diterangi dengan bantuan unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS),”Selain Kecamatan Air Sugihan, tiga tahun terakhir Pemkab OKI bersama PLN sudah menerangi Tiga Kecamatan lain, yaitu kecamatan Pedamaran Timur, Sungai Menang dan Cengal,”terangnya.(red)

1 comment:

Powered by Blogger.