Kementerian ATR/BPN: Jika PTSL Berhasil, Sebagian Nawacita Bisa Dibilang Berhasil

Forum Komunikasi Bakohumas Kementerian ATR/BPN, di Hotel Ambhara Jakarta Selatan, Senin (30/4) pagi. (Foto: Mita A/Humas)

ONews, Jakarta - Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) adalah suatu hal yang sangat mendasar dalam kerja Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN), hampir 78,9% kegiatan agrarian bertumpu pada pendaftaran dan pengukuran tanah.

“Jika PTSL berhasil, sebagian nawacita Presiden bisa dibilang berhasil, karena legalisasi aset ada di Nawacita dan diimplementasikan dengan renstra, yaitu pendaftaran tanah positif,” kata Kepala Biro Hukum dan Hubungan Kemasyarakatan, Kementerian ATR/BPN Dr. Aslan Noor, S.H., M.H., pada Forum Komunikasi Bakohumas tentang Sosialisasi PTSL Demi Kepastian Hukum Atas Tanah Di Seluruh Indonesia, di Hotel Ambhara Jakarta Selatan, Senin (30/4) pagi.

Jika PTSL berhasil, lanjut Aslan, maka tidak ada lagi yang tertinggal, dengan harapan Indonesia akan terbebas pendaftaran tanah pada tahun 2025.

Aslan menambahkan, tanah merupakan suatu hal yang mendasar. Menurut undang-undang, dalam rangka perlindungan hukum, tanah harus terdaftar. Oleh karena itu, lanjut Aslan, pendaftaran tanah merupakan suatu hal yang mendasar untuk terciptanya negeri ini, bukan saja perlindungan hak-hak masyarakat tapi juga merupakan data primer bagi bangsa untuk mendapatkan gambaran secara utuh baik untuk pemilikan dan juga pemanfaatan untuk tanah.

Menurut Asalan, Presiden telah menugaskan kementerian ATR/BPN untuk mengeluarkan 7 juta PTSL pada tahun 2018 dan 9 juta PTSL pada tahun 2019.

“Presiden selalu mengatakan di setiap kesempatan bahwa sertifikat memiliki nilai penting karena memberikan kepastian hukum hak atas tanah,” ungkap Kepala Biro Hukum dan Humas Kementerian ATR/BPN itu.

Aslan menegaskan bahwa PTSL tahun lalu bisa dikatakan berhasil, karena melakukan pengukuran 5,2 juta bidang tanah serta menerbitkan 4,3 juta sertifikat tanah.

Dalam hal pengukuran, lanjut Aslan, PTSL mengukur objek seluruh bidang tanpa terkecuali, dengan metode pengelompokan (cluster) yaitu:

K1: bidang tanah yang fisik dan yuridisnya memenuhi syarat untuk diterbitkan sertifikat.

K2: bidang tanah yang fisik dan yuridisnya memenuhi syarat tapi masih menjadi perkara di pengadilan, tinggal menunggu siapa yang memenangkan untuk diterbitkan sertifikat.

K3: tidak dapat diwujudkan karena subjeknya milik asing, tanah adat, aset, hak komunal dan lain sebagainya.

K4: subjek dan objek tidak memenuhi karena sudah bersertifikat tetapi kurang informasi (perlu di-landing-kan) dengan optimalisasi untuk peningkatan kualitas data.

Sementara itu, Direktur Kemitraan Komunikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika Dedet Surya Nandika mengungkapkan bahwa Presiden pernah menyampaikan bahwa banyak program pemerintah yang belum disosialisasikan.

“Banyak masyarakat yang tidak tahu program-program pemerintah, inilah tugas humas pemerintahan yang harus proaktif, harus bisa lebih memberdayakan sosial media kementerian/lembaga masing-masing untuk menyebar informasi terkait program pemerintah,” ungkap Dedet.

Forum komunikasi Bakohumas ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Infrastruktur Keagrariaan Ir. R. Muh. Adi Darmawan, M.Eng.Sc., Kepala Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan, dan perwakilan dari Humas Sekretariat Kabinet. 
 
(rel/dhi).

14 comments:

  1. Kalah melulu main di agen lain? Kecewa dengan agen lain?
    Daftar disini saja updatebetting

    ReplyDelete

  2. WWW.ANAPOKER.COM

    The Best & Trusted Online Poker 2018

    (BBM): AGENS128

    WhatsApp : 087789221725

    AYO LANGSUNG DAFTAR

    ReplyDelete
  3. Poker Online??
    Main di Fifapoker aja
    Poker Online terbaik dan terupdate 2018
    Dapatkan Bonus hingga jutaan rupiah
    Deposit hanya minimal 10rb dan dapatkan kemenangan yang banyak
    Registrasi sekarang dan mainkan Poker Online nya

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    BBM : CSID303
    Whatsapp : +6281326993756
    website : www.Fifapoker.co

    ReplyDelete
  4. bagi yang suka bnget bermain permainan seperti ceme, poker, qq, super10, domino dan game game kartu lainnya coba deh kunjungi DONACOPOKER.com anda bisa mendapatkan uang jutaan rupiah dengan modal 10.000 saja yu hubungi saja kontak kami di BBM : D8E55279
    LINE : Donacopoker
    WHATSAPP : +85515875229

    ReplyDelete
  5. Cemepoker bandar judi online terpercaya kali ini akan membagikan bonus FreeChips Cuma-cuma untuk 300 userid Bonus freechips yang kami berikan sebesar 50k degan syarat Memberikan Like Pada Fanspage https://www.facebook.com/Ceme-Poker-223890808192269/. Memberikan Ulasan Positif bisa berupa hal tentang web maupun pelayanan. Memberikan Rating Bintang 5 dan promo ini akan di mulai dari tanggal 14 juni 2018 s/d 15 juli 2018.
    Ayo tunggu apalagi daftarkan diri anda sekarang juga dan masih banyak promo menarik lainnya hanya di cemepoker.com

    Info Lanjut Bisa Hub Kami Di :
    BBM : cemepkr
    Whatsapp : +6287854209196

    ReplyDelete
  6. CEMEPOKER bandar poker dengan promo freechip terbaik dengan pembagian bonus member paling banyak setiap hari dan bonus komisi mingguan chip turnover dan referral setiap minggu. gabung kesini dan dapatkan Bonus New Member hingga 10%, freechip harian 50rb dan bonus cashback mingguan 0.3% - 0.5% buat kamu yang aktif bermain di cemepoker.com. Ayo tunggu apa lagi daftarkan diri anda sekarang juga dan raih kemenanganmu setiap hari bersama kami.

    Minimal Deposit Rp.25.000
    Minimal Withdraw Rp.25.000

    Daftar userid anda di link ini https://goo.gl/YQRoA4

    ReplyDelete
  7. CEMEPOKER kartu online profesional terbaik dan terdepan di indonesia. kami menyediakan aneka permainan kartu online multiplayer server idnplay terbesar dan teknologi permainan tercanggih. Layanan sistem transaksi banking online deposit dan withdraw super cepat. Ayo dapatkan jackpotnya setiap hari dan juga dapatkan freechip sekarang juga. Jangan lewatkan kesempatan ini guys. segera daftarkan diri anda sekarang juga

    Info Lanjut Bisa Hub Kami Di :
    BBM : cemepkr
    Whatsapp : +6287854209196
    Livechat : www,cemepoker,net

    ReplyDelete
  8. Hari Kemerdekaan Semakin dekat ayo segera bergabung bersama kami di www. cemepk .com dan ambil Bonus 2x1 Special Hari Kemerdekaan dan Asian Games 2018
    kami memberikan bonus sebagai berikut :
    1 . Bonus New Member 15%
    2 . Bonus Harian 10%
    Bagi Member baru kalian bisa mengambil 2 bonus sekaligus dalam 1 hari deposit, dengan minimal deposit Rp 25.000 saja kalian sudah bisa mengambil bonus tersebut.
    Jadi tunggu apalagi segera daftarkan diri anda di link https://bit.ly/2vRpXYH

    Info Lanjut Bisa Hub Kami Di :
    BBM : cemepkr
    Whatsapp : 087854209196
    Livechat : www,cemepk,com

    ReplyDelete
  9. CemePoker
    Poker Uang Asli Deposit OVO
    Dapatkan Langsung Bonus New Member 20%
    Hubungi Kami Segera
    Pendaftaran : http://cemepoker.info

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 081333552227

    ReplyDelete

Powered by Blogger.