Diduga Tak Netral, ASN OKU Direkomendasikan Dipecat


ONews, Baturaja - Setelah melakukan pemeriksaan dan kajian atas dugaan oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) berinisial S yang diduga tidak netral dalam Pilkada Sumsel, pihak Pawaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengambil tindakan tegas. Senin (30/4) kemarin pihak Panwaslu OKU, menyerahkan rekomendasi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta.

Ketua Panwaslu OKU, Anggi Yumarta kepada wartawan, Selasa (1/5) mengatakan, awalnya oknum PNS berinisial S yang diduga tidak netral ini hasil temuan Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Lubuk Raja OKU.

Dimana, kata Anggi diketahui beberapa waktu lalu, yang bersangkutan menghadiri kampanye salah satu pasangan calon (Paslon) Gubernur Sumsel 2018, dalam jam kerja dan menggunakan seragam. “Tempat kejadian Desa Baturaden Kec Lubuk Raja. Peristiwa itu terjadi beberapa waktu lalu,” jelasnya.

Anggi menjelaskan, pihak Panwascam Lubuk Raja sudah memanggil, meminta keterangan dan memeriksa yang bersangkutan. Pihak Panwaslu Kab OKU sifatnya melakukan pendampingan/supervisi/bimbingan dan pembinaan terkait proses penyelesaian temuan tersebut.

Hasil pemeriksaan dan kajian, kata Anggi yang bersangkutan diduga melanggar Pasal 2 huruf f, Pasal 3 hurif b, Pasal 4 huruf d, Pasal 5 ayat (2) huruf d, e, h dan i UU Nomor 5 Th 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara juncto Pasal 11 huruf c PP Nomor 42 Th 2004 Tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik PNS. “Berdasarkan inilah kita serahkan rekomendasi kepada KASN kemarin,” jelasnya.

Rekomendasi yang disampaikan Panwaslu kepada KASN antara lain, untuk dapat memberikan sanksi kepada yang bersangkutan terkait dengan pelanggaran azas netralitas ASN dan Kode Etik PNS yang diduga telah dilakukan oleh yang bersangkutan.

Selanjutnya, untuk dilakukan pembinaan berjenjang dan berkala terhadap yang bersangkutan agar tidak lagi mengilangi pelanggaran terkait dengan netralitas ASN dan Kode Etik PNS pada pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2018.

Selanjutnya kata Anggi, rekomendasi itu juga berisi untuk dapat memberikan teguran dan atau peringat tertulis kepada Pemerintah Kabupaten ogan Komering Ulu (OKU) dalam hal dapat melakukan pembinaan secara berjenjang dan berkala terhadap seluruh ASN dan atau PNS dilingkungan Pemerintahan Kabupaten ogan Komering Ulu (OKU) terkait dengan Netralitas ASN dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah serentak Tahun 2018. Agar supaya pelanggaran yang sama tidak akan terulang lagi khususnya bagi para ASN dan atau PNS yang wilayah kerja nya berada di wilayah Kecamatan dan atau Kelurahan/Desa Kabupaten OKU.

Agar hal ini dapat menjadi warning bagi para ASN/PNS dilingkungan Pemerintahan Kab. OKU untuk wajib menjaga Netralitas sbg ASN/PNS dan mematuhi seluruh Peraturan yg ada selama tahapan pelaksanaan Pilkada.

(saputra)

9 comments:

  1. Hallo semuanya jangan lewatkan keuntungan jia bergabung di DONACOPOKER
    dan raih keuntungan yang akan kalian dapatkan untuk member baru ada bonus sebesar 10% ada bonus harian sampai bonus di hari weekendnya juga loh yu kunjungi http://www.donacopoker.com atau hubungi
    BBM : D8E55279
    LINE : Donacopoker
    WHATSAPP : +85515875229

    ReplyDelete
  2. AgenS128 Judi Sabung Ayam dan Poker terpopuler dan Terpercaya saat ini..
    Promo Menarik untuk Member baru !!
    Dapatkan juga bonus Referral 5% + 2%
    Proses Cepat
    Minimal deposit 50ribu saja

    untuk info silahkan add kami di:
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    whatup : 0877-8922-1725
    Line id : agens1288

    ReplyDelete
  3. Dapatkan Bonus Khusus Piala Dunia 2018
    Jangan Sampai Ketinggalan Para Sahabat Sepak Bola
    Bolavita Membagikan Bonus Yang Cukup Menggiurkan, Penasaran Apa Bonus Piala Dunia 2018 Yuk Silakan Langsung Hubungi Kami Melalui Operator Yang Ramah Hanya di :

    www. bolavita. pro
    www. bolavita. org
    855sm. com

    line : cs_bolavita
    whatup : 6281377055002
    BBM: D8C363CA (NEW), D1A1E6DF (NEW)

    ReplyDelete
  4. CEMEPOKER bandar poker dengan promo freechip terbaik dengan pembagian bonus member paling banyak setiap hari dan bonus komisi mingguan chip turnover dan referral setiap minggu. gabung kesini dan dapatkan Bonus New Member hingga 10%, freechip harian 50rb dan bonus cashback mingguan 0.3% - 0.5% buat kamu yang aktif bermain di cemepoker.com. Ayo tunggu apa lagi daftarkan diri anda sekarang juga dan raih kemenanganmu setiap hari bersama kami.

    Minimal Deposit Rp.25.000
    Minimal Withdraw Rp.25.000

    Daftar userid anda di link ini https://goo.gl/YQRoA4

    ReplyDelete
  5. Rasakan Kemenangan Bersama Kami!!
    Hadiah Besar dan Menarik Menanti Guyssss...
    Kami Juga Memberikan Promo Mingguan Yang Menarik Kepada Para Member Kami Berupa Bonus-Bonus Menarik Seperti:
    -Bonus 10% untuk Member Baru
    -Bonus Referal 7% dan 2%
    -Bonus CashBack Hingga 10%
    Info Lebih Lanjut Bisa Hub CS kami :
    wechat : bolavita
    whatup : 6281377055002
    BBM: BOLAVITA(NEW)

    ReplyDelete
  6. Hari Kemerdekaan Semakin dekat ayo segera bergabung bersama kami di www. cemepk .com dan ambil Bonus 2x1 Special Hari Kemerdekaan dan Asian Games 2018
    kami memberikan bonus sebagai berikut :
    1 . Bonus New Member 15%
    2 . Bonus Harian 10%
    Bagi Member baru kalian bisa mengambil 2 bonus sekaligus dalam 1 hari deposit, dengan minimal deposit Rp 25.000 saja kalian sudah bisa mengambil bonus tersebut.
    Jadi tunggu apalagi segera daftarkan diri anda di link https://bit.ly/2vRpXYH

    Info Lanjut Bisa Hub Kami Di :
    BBM : cemepkr
    Whatsapp : 087854209196
    Livechat : www,cemepk,com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.