Tiga Produk Eco Food Muba, Hasil Olahan DPG Lalan Bulan Juni Go to Oslo Norwegia


MUBA oganpost.com - Inovasi tiada henti,  kabar gembira dan fakta terus dikabarkan dari Bumi Serasan Sekate Kabupaten Lestari ini  salah satu inovasi yang saat ini dikembangkan adalah hasil Kreatifitas warga Musi Banyuasin khususnya yang tinggal di Kec Lalan desa Bumi Agung, yang tergabung dalam program DPG (Desa Peduli Gambut)

Inovasi ini  patut diacungi jempol, pasalnya di beberapa desa Kecamatan Lalan, warganya sangat serius  mengolah hasil tanaman yang tumbuh di lahan gambut menjadi Cemilan  sehat tanpa bahan kimia yang kini mulai dipasarka di seluruh Indonesia.

Desa Bumi Agung di Kecamatan Lalan, Kabupaten Musi Banyuasin adalah salah satu desa yang masuk ke dalam Program DPG.(Desa Peduli Gambut)  Desa ini mendapat penghargaan sebagai Desa Peduli Gambut Terbaik pada perayaan 3 Tahun Restorasi Gambut di Jakarta beberapa waktu lalu,


Desa Bumi Agung memiliki demplot pertanian gambut alami dan tanpa bakar. Demplot ini dimanfaatkan oleh petani untuk menanam berbagai jenis tanaman termasuk nanas. Salah satu produk yang dihasilkan oleh petani di Desa Bumi Agung adalah kripik Nenas. Produk ini dikembangkan oleh Seniman Pangan yang bergabung ke dalam jejaring petani yang dibina Javara Indonesia, sebuah perusahaan eksportir pangan sehat di Jakarta. 

Olah Hasil Buah Lahan Gambut Muba Jadi Camilan Sehat, Adapun olahan buah lahan gambut yang diolah jadi camilan sehat tersebut yakni buah Nanas yang diolah menjadi keripik Nanas. Hasil olahan ini terdapat di Desa Bumi Agung Kecamatan Lalan yang mendapatkan pendampingan secara langsung dari Badan Restorasi Gambut  RI dan Javara.

"Saat ini pemesanan sudah merambah di online, banyak yang sudah memesan," ujar Pendamping Fasilitator Kecamatan Lalan, Dino saat audiensi bersama Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin dan Badan Restorasi Gambut (BRG) RI, Beberapa waktu lalu di Sekayu.

Dikatakan, tidak hanya buah Nanas, warga Lalan juga mengolah buah Kelapa menjadi camilan sehat dan bergizi serta olahan beras sehat. "Ada tiga produk dari tanaman yang tumbuh di lahan Gambut Lalan saat ini yang sudah diolah," ungkapnya lagi.

Sementara itu, Deputi III Bidang Edukasi Sosialisasi Partisipasi dan Kemitraan BRG RI, Mirna A Safitry PhD mengungkapkan pada Juni mendatang tiga produk olahan tanaman lahan Gambut Muba ini akan dibawa ke Oslo Norwegia untuk dipamerkan pada pameran pariwisata tingkat dunia.

"Ya, produk-produk ini nantinya akan dibawa ke Oslo Norwegia karena diundang untuk dipamerkan pada ajang pariwisata tingkat dunia," bebernya.

Ia menilai, hasil olahan warga Kecamatan Lalan ini merupakan inovasi yang sangat bagus sekali dan mendapatkan dukungan yang maksimal dari Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin. "Tentu inovasi seperti ini harus terus di support," singkatnya.

Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin yang juga Sebagai Ketua Umum Lingkar Lestari ini menuturkan, bahwa Musi Banyuasin sebagai daerah yang peduli lingkungan ini, akan terus mendorong hasil kreatifitas warga Muba dan hasil olahan tanaman lahan gambut ini akan disinergikan dengan Bumdes yang ada di Muba, ini merupakan kerja keras kita bersama baik Pemerintah Pusat dan Daerah untuk meningkatkan Perekonomian Masyarakat Kita Khususnya di Daerah Musi Banyuasin.

"Banyak produk nantinya yang akan terus dikembangkan dan dikenalkan serta dipasarkan hingga ke mancanegara, ini juga bagian dari peningkatan ekonomi pelaku UMKM yang tersebar di seluruh wilayah Muba," upaya upaya positif dan karya inovasi yang terus kita kembangkan.

Selain mengedukasi warga Musi banyuasin diberbagai Sektor juga Upaya ini dapat menambah penghasilan  perkapita masyarakat Muba menuju masyarakat yang sejahtera

Lanjut Dodi Reza Alex, bahwa  ini adalah program pemberdayaan masyarakat Muba sebagai salah satu upaya kita untuk menurunkan angka Kemiskinan daerah yang kita banggakan ini dan upaya upaya postif melalui program kerakyatan akan terus kita genjot dan mendorong warga Muba berinovasi  mencipatakan lapangan pekerjaan sendiri dengan mengolah hasil hasil tanaman yang tumbuh dan dan dikembangkan di lahan gambut Musi Banyuasin, ini semua demi mewujudkan kesejateran masyarakat Musi Banyuasin Menuju Muba Maju Berjaya 2022 pungkasnya.

7 comments:

  1. Mainkan Berbagai Jenis Slot Disini !
    Bonus Cashback 10% Dibagikan Setiap Minggu
    Dapatkan Jackpot Keberuntungan Anda s/d Jutaan Rupiah..
    Yuk Gabung Bersama Bolavita Di Website www. bolavita .fun
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    BBM: BOLAVITA
    WA: +628122222995

    ReplyDelete
  2. Main Games sambil cari Rupiah ?? Caranya gampang kok..

    Gabung aja bersama Agen Poker S1288POKER !!

    Segera jadikan S1288POKER sebagai Agen Poker Pilihan Anda.

    Minimal Deposit SUPER MURAH Rp.10.000,-

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    BBM : 7AC8D76B
    WA : 081910053031

    ReplyDelete
  3. Main Games sambil cari Rupiah ?? Caranya gampang kok..

    Gabung aja bersama Agen Poker S1288POKER !!

    Segera jadikan S1288POKER sebagai Agen Poker Pilihan Anda.

    Minimal Deposit SUPER MURAH Rp.10.000,-

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    BBM : 7AC8D76B
    WA : 081910053031

    ReplyDelete
  4. Main Games sambil cari Rupiah ?? Caranya gampang kok..

    Gabung aja bersama Agen Poker S1288POKER !!

    Segera jadikan S1288POKER sebagai Agen Poker Pilihan Anda.

    Minimal Deposit SUPER MURAH Rp.10.000,-

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    BBM : 7AC8D76B
    WA : 081910053031

    ReplyDelete
  5. BONUS HARIAN BULAN MARET 2019

    *Deposit diatas Rp.99.999 -> Bonus Chip 5.000
    *Deposit diatas Rp.499.999 -> Bonus Chip 10.000
    *Deposit diatas Rp.999.999 -> Bonus Chip 25.000
    *Deposit diatas Rp.4.999.999 -> Bonus Chip 100.000
    *Deposit diatas Rp.9.999.999 -> Bonus Chip 200.000

    1.Promo berlaku untuk member www.indokartu.biz
    2.Bonus Akan Otomatis Masuk Kedalam User Id Anda Setelah Melakukan Deposit
    3.Freechip dapat di Withdraw apabila telah melakukan Turnover Deposit+Freechip.
    4.Syarat Withdraw : Jika Turnover Telah Mencapai 3x Dari Nilai Deposit + Bonus
    Contoh : DEPO MEMBER 100.000 + BONUS 5000 = (105.000) x 3 = 315.000 (Total Turnover)
    5.Dilarang Memiliki Kesamaan IP Didalam Permainan Indokartu.
    6.Apabila Turnover tidak tercapai withdraw tetap dapat dilakukan dengan catatan bonus ditarik kembali

    Silahkan add kontak kami bosku ^^

    WA : 081333366766
    BBM : indkartu
    LINE : indokartu


    agen poker online

    ReplyDelete
  6. Mari bergabung bersama kami, agen bolavita, dapatkan penawaran khusus untuk anda yang hari ini bergabung. Dapatkan bonus 10% bila anda memperlihatkan postingan ini kepada kami...
    WA : +62812-2222-995
    hubungi kami segera... Terima kasih

    ReplyDelete

  7. Izin ya admin..:)
    Main dan Menangkan permainan bersama kami di ARENADOMINO 9 permainan poker online tanpa robot silahkan main dan buktikan sendiri jika kesulitan bisa
    dibantu dalam pendaftaran silahkan langsung bergabung untuk info lebih jelas WA +855 96 4967353

    ReplyDelete

Powered by Blogger.