Banyuasin Siap Hadapi MEA. 2015

Kabid Koperindag
BANYUASIN -Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia akan mengelontorkan bantuan modal bagi pelaku Koperasi dan UKM guna menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Banyuasin, Hasmi.S.Sos.M.Si ,melalui Kasi Bina Lembaga Jaisi.SE membenarkan terkait program bantuan tersebut. Hanya saja ia mengaku belum tahu rincian bantuan tersebut,"Kita belum tahu berapa nilai bantuanya yang akan disalurkan kepada kita untuk persiapan menghadapi MEA 2015 tersebut, Hanya saja, menurut informasi sekitar bulan Oktober 2014 nanti baru akan dikucurkan dananya dari pusat. Kita sangat menyambut baik adanya bantuan untuk pelaku UKM dan Koperasi untuk menghadapi MEA," kata Jaisi kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (1/9).

Jaisi menjelaskan MEA merupakan kegiatan perdagangan yang terintegrasi atau berupa free trade area (area perdagangan bebas), penghilangan tarif perdagangan sesama negara ASEAN, serta pasar tenaga kerja dan pasar modal yang bebas. Ini tentunya akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan pembangunan ekonomi tiap negara,"Keterbukaan pangsa pasar itu tentunya harus diimbangi dengan jiwa teknoprenuer atau memberikan motivasi kepada calon wirausaha, Yang mana agar mereka berkarya dengan inovasi dan kreasi serta memiliki estetika tinggi," ujarnya.

Dia menuturkan instansinya sudah melakukan beberapa upaya untuk menghadapi MEA 2015 mendatang. Satu di antaranya dengan menggelar pelatihan kewirausahaan terhadap berbagai kalangan. Sasarannya adalah pemuda, pengusaha pemula, maupun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang telah ada,"Selain pelatihan, kita juga mendampingi mereka, memfasilitasi mereka untuk mengadakan pelatihan tersebut. Kita juga membantu membukakan jaringan usaha dan modal melalui progaram CSR perusahan dan perbankan yang ada di Kabupaten Banyuasin. Untuk permodalan dari kita memang tidak ada, Kita juga membantu untuk mengurus sertifikat Produk Industri Rumah Tangga (PRT) dari Dinas Kesehatan, sertifikat Halal dari MUI dan Hak Paten," rinci Jaisi.

Dia mengaku optimistis Kabupaten Banyuasin siap mengadapi MEA,Pasalnya saat ini ada beberapa pengusaha Banyuasin telah mampu menjual produknya keluar yaitu produk kerupuk udang dari Sungsang, ubi kayu dan ikan asin , Meski beberapa yang sudah bisa menebus pasar nasional, ia tetap mengimbau masyarakat Banyuasin tidak hanya menjadi penoton saat MEA berlaku akan tetapi harus menjadi pemain,"Kita tidak boleh jadi penonton, selain itu apa yang sudah ada produk kita kembali lagi harus unik, menarik, berkualitas dan kemasan yang bagus dan memiliki estetika. Yang terpenting juga cintai produk Indonesia," tandasnya.(adi)

2 comments:

  1. mau tau keseruan bermainn game kekinian 2018 dan mau tau caranya bermain poker agar menang
    kunjungi sekarang juga AGEN POKER ONLINE INDONESIA BBM : DC31E2B0
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP :+6281298526483

    ReplyDelete
  2. Bolavita Agen Taruhan Bola Online Terbesar Di Indonesia
    Dapatkan Angpao Total Sampai Dengan IDR 5.000.000
    Gabung Sekarang dan Pilih Tim Jagoanmu

    Mari Kunjungin Segera Website kami :
    www(titik)bolavita(titik)site
    www(titik)sateayam(titik)club
    www(titik)pokervita(titik)live

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Live Chat Online 24 JAM NONSTOP !!!
    WA : +628122222995
    Pin BBM : BOLAVITA / D8C363CA (NEW)



    ReplyDelete

Powered by Blogger.