Kurikulm K13 Di OKU Belum Jelas Di Laksanakan

OKU Baturaja oganpost.com-Kurikulum 2013 (K13) yang digembar-gemborkan pemerintah saat ini belum jelas apakah akan diterapkan seutuhnya di wilayah Indonesia. Hal itu pun terjadi diwilayah Kabupaten OKU saat ini. Dimana Dinas Pendidikan (Disdik) OKU hingga saat belum menerima perintah resmi dari kementrian pendidikan untuk tindak lanjut penerapan K13 di setiap sekolah yang ada di Bumi Sebimbing Sekundang ini.

"Saya belum bisa bicara banyak mengenai K13, sebab sampai saat ini belum ada surat petunjuk resmi,"kata Kadisdik Drs Mahyudin Helmi melalui Kasi Kurikulum Drs Bimo Santoso saat dibincangi wartawan.

Namun walau begitu pihak Disdik saat ini tetap mengada work shop-work shop (pembekalan) K13 terhadap para guru dan pihak sekolah yang belum memahami secara menyeluruh penyelengaraan K13 itu. Diharapkan dengan begitu para guru bisa menerapkan dengan baik K13 bila saat nya nanti jika diterapkan dimasing-masing sekolah secara menyeluruh.

Antisipasi itu lanjut dia, bertujuan selain sebagai tujuan memberikan pemahaman terhadap para guru mengenai K13, nantinya para guru dapat menyebarkan hal tersebut kepada guru lainya dan anak didik di setiap sekolah, sehingga K13 bisa dipahami secara baik bagi setiap stakholder pendidikan.

Adapun pelatihan K13 yang dilakukan pihaknya meliputi komponen penting, diantaranya perangkat pembelajaran, pemahaman K13 seutuhnya oleh para guru serta bagaiman penilaian hasil belajar,"Setiap tahunya ataupun ajaran baru kami selalu melakukan pengembangan K13, saat inipun tetap kita laksanakan"ujarnya.

Sementara Kasi standar mutu disdik menambahkan, untuk saat ini pihaknya masih melakukan pembekalan terhadap para guru jenjang SMP dan SD sebab jenjang tersebut masih banyak yang belum memahami pelaksanaan K13."Kalau tenaga pemateri kita manfaatkan dari kantor disdik OKU "tambah Hendri Wijaya SAg MSi.

Para guru yang diwawancarai pun mengaku saat ini mereka masih menggunakan kurikulum lama, untuk K13 sendiri sama sekali belum dilaksakan. "Tidak pakai K13, masih gunakan kurikulum lama,"ujar Helda salah satu guru SMP di Baturaja. (tik)

No comments

Powered by Blogger.