Danrem Gapo Gelar Apel Pasukan Percepatan Tanam Padi TA 2016

Suasana Apel di lapangan apel Makorem 044/Gapo Palembang, jum'at (26/8)

PALEMBANG, oganpost.com - Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, SIP. mendampingi Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Dr. Ir. H Hasil Sembiring M.Sc. mengambil apel gelar pasukan percepatan tanam padi Tahun 2016 di Sumatera Selatan yang bertempat di lapangan apel Makorem 044/Gapo Palembang. Jum’at (26/8/2016).

Dalam sambutannya Komandan Korem 044/Gapo menuturkan, saat ini TNI Angkatan Darat siap melaksanakan pendampingan kepada para petani untuk membantu percepatan tanam padi, dan di wilayah Korem 044/Gapo yang menjadi target di wilayah Kabupaten OKI dan Kabupaten Banyuasin. Dalam apel yang diikuti 220 Babinsa dari Kodim 0401/Muba dan Kodim 0402/OKI yang memiliki wilayah kedua Kabupaten tersebut, sudah kita siagakan untuk mendampingi para petani dalam mencetak lahan persawahan yang diinginkan,“ terangnya.

Dengan langkah percepatan yang sudah mulai dilakukan ini diharapkan mampu mendorong para petani untuk terjun dan mulai menurunkan traktor. Kita tahu para petani masih ragu dalam melakukan hal ini, tapi di minggu kemarin sudah kita coba buktikan dengan melakukan penyemprotan sebanyak 53 ribu hektar sawah di Banyuasin dan hasilnya sangat memuaskan petani, sehingga mereka pun siap dibantu para prajurit TNI AD di lapangan agar semua bisa berjalan seperti yang diharapkan, tutupnya.

Sementara dalam sambutannya, Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Dr Ir. H Hasil Sembiring M.Sc. mengatakan, di tahun 2016 ini, Sumatera Selatan mendapatkan target yang cukup besar secara nasional. Dengan sasaran percepatan tanam sebesar 220 ribu hektar selama Agustus dan September, yang nantinya penyebaran tersebut akan di fokuskan di dua Kabupaten yaitu Kabupaten OKI dan Kabupaten Banyuasin.

Adapun luasan penyebaran ini juga akan difokuskan sebanyak 110 ribu hektar di bulan September dan 100 ribu hektar di bulan Agustus, sedangkan untuk saat ini pencapaian baru mencapai 30 ribuan di Kabupaten OKI,“ tambahnya.

Untuk mengejar target tersebut, sangat diperlukan peran serta semua pihak termasuk TNI AD yang akan mendampingi para petani dalam menggarap lahan persawahannya. Diakuinya, saat ini semua stakeholder yang terkait pun sudah mulai memetakan wilayah, mengurai, serta langkah percepatan yang sudah siap dijalankan dalam upaya meningkatkan ketahanan nasional yang diharapkan mampu disumbangsih oleh Provinsi Sumatera Selatan, karena dirinya yakin di tahun kemarin Sumsel mampu menjadi peringkat terbaik Nasional dalam meningkatkan ketahanan pangan.
 
Wakil Bupati OKI H.M. Rifa'i SE turut menghadiri acara apel pasukan percepatan tanam padi TA 2016
Hadir dalam kegiatan tersebut Aster Kasdam II/Swj, Kadis Pertanian Provinsi Sumsel Erwin Noorwibowo, STP. Kasrem 044/Gapo, para Dandim dan Kasi Korem 044/Gapo serta Pemkab OKI yang diwakili oleh Wakil Bupati H.M Rifa'i SE.(dhie)

1 comment:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.