Muara Enim, oganpost.com - Desa Lubuk Nipis, Kecamatan Tanjung Agung, mulai membudidayakan jahe merah. Hal ini dilakukan untuk memberdayakan ibu-ibu di desa.

Kepala Desa Lubuk Nipis, Dunsri mengatakan, pada 2016 ini Desa Lubuk Nipis membudidaya jahe merah yang bekerja sama dengan PT Sidu Utomo Lampung Barat.

"Kita saat ini mulai mencoba membudidayakan jahe merah. Jadi, ibu-ibu di desa bisa diberdayakan untuk menanam jahe merah," kata Dunsri, kepada oganpost.com, Selasa (1/11).

Dikatakannya, program membudidayakan jahe merah ini tidak lain dapat di jadikan salah satu tanaman yang ada minimal di pekarangan rumah masing-masing warga. Dari penanaman ini warga diberikan pelatihan dari dasar, misalnya dari pengelolaan sampai pemeliharaan jahe merah ini.

"Untuk di desa kita 10 kelompok. Dalam penanamannya dengam sistem ditanam dalam satu-satu polibek," jelasnya.

Dengan adanya budidaya jahe merah diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat. Dan, kedepan masyarakat sudah bisa mengetahui pengetahuan tentang pengelolaan jahe merah kedepan ini.

"Mudah-mudahan diharapkan program budidaya jahe merah ini dapat berhasil," harapnya.

Sementara itu, Koordinator Jahe Merah Organik dari PT Sidu Utomo Provinsi Lampung Barat Kasman mengatakan, pihaknya saat ini tengah membina dan koordinatori budidaya jahe merah ini ada 15 desa di Kecamatan Agung.

"Dengan budidaya jahe merah ini, tentu hasilnya nanti akan dapat menghasilkan untuk masyarakat sendiri," tandasnya.(khairlani)
 
Editor : Adi
ONews

ONews

ONews - Berita hari ini, kabar harian terbaru terkini Indonesia dan dunia. Situs berita terpercaya seputar politik, peristiwa, bisnis, bola, tekno dan gosip artis.

Post A Comment:

0 comments: