Disdukcapil OI Segera Buka Stand Perekaman e-KPT Tanpa Syarat

Akhmad Lutfi
INDRALAYA oganpost.com-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ogan Ilir (OI) terus kejar target perekaman e-KTP,setelah melakukan pelayanan dihari libur dan roadshow kedesa-desa, dalam beberapa hari kedepan Disdukcapil akan membuka stan perekaman e-KTP tanpa syarat di Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai.

Disdukcapil OI akan melakukan terobosan baru dimomen yang bertepatan dengan HUT OI ke 13 tersebut. Jika sebelumnya pembuatan e-KTP harus membawa surat keterangan dari Kades ataupun Lurah, kini penduduk tidak perlu lagi membawa syarat apapun, dan langsung direkam dilokasi.

"Terobosan ini kita lakukan sebagai upaya meningkatkan partisipasi penduduk yang belum melakukan perekaman e-KTP. Kita akan memanfaatkan momen HUT OI nanti, bagi warga yang belum melakukan perekaman bisa langsung direkam dan tanpa syarat apapun, sehingga target ogan ilir semua penduduknya ber e-ktp tercapai," jelas Kadisdukcapil OI, Akhmad Lutfi, Senin (02/01/2017).

Menurut dia, saat ini telah 90 persen penduduk melakukan perekaman e-KTP, sisanya ditaksir merupakan tingkat usia pemula yang baru diwajibkan ber ktp. Sehingga pagelaran HUT OI yang digelar pada 6-9 januari ini mampu menyerap usia pemula untuk melakukan perekaman e-KTP tanpa syarat.

"Nanti setelah dilakukan perekaman, warga akan kita berikan KTP sementara, kemungkinan pada maret mendatang ktp asli sudah bisa kita bagikan melalui kades setempat,warga nanti tidak perlu lagi kecapil, cukup kekadesnya saja, dan disini saya tegaskan semuanya gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun,"jelasnya.

Lanjut pria yang akrab disapa Lutfi tersebut, sejauh ini pihaknya masih hanya sebatas melakukan perekaman saja, karena blanko dari pemerintah pusat belum ada,pihaknya juga saat ini membutuhkan kurang lebih 20 ribu keping blanko e-KTP yang rencananya diterima pada maret 2017 mendatang.

"Jadi stan kita nanti mengutamakan pelayanan, warga cukup datang dan langsung kita lakukan perekaman,mesin yang kita pakai merupakan mesin sidik jari yang mampu mendeteksi seseorang meski tanpa melihat kode NIK kartu keluarga ataupun KTP yang lama,semoga dengan terobosan yang kita lakukan nanti, tingkat partisipasi penduduk dalam melakukan perekaman e-KTP meningkat, dan semua warga ogan ilir terdaftar di e-KTP," tukas Lutfi.(frd)

No comments

Powered by Blogger.