Warga bersama petugas memadamkan api yang mebakar lahan. (foto ilustrasi/net)

Batanghari Leko, oganpost.com - Warga Kecamatan Batanghari Leko kabupaten Musi Banyuasin (Muba) saat ini resah terkait adanya larangan membakar hutan dan lahan. Pasalnya, mereka khawatir terjerat hukum jika membakar lahan pertanian maupun kebun yang mereka miliki. Pada hal mereka terpaksa membakar lahan demi bisa menanam padi dan tanaman lainnya.

Sutomo (41) salah satu warga Bukit Selabu kecamatan Batanghari Leko kepada media ini menjelaskan bahwa untuk aturan buka lahan jangan di bakar, para petani tidak menolak. Namun mereka berharap solusi kepada pemerintah daerah.


"Kami siap untuk menuruti jika memang ada solusi terbaik, namun jika hanya larangan kami ini hanya petani yang menjadi korban," ungkapnya.


Ia menegaskan warga pernah mencoba menyewa alat berat, namun terkendala lokasi lahan, jika sewa secara pribadi biaya yang dikeluarkan juga besar, dan jika kolektif kendalanya kebun warga tidak berada dalam satu lokasi, jadi susah klop harga.


"Kami berharap pemerintah dapat membantu kemana sisa buka lahan kami dibuang dan bagaimana cara membuang," jelasnya.


Senada dikatakan Gunawan warga Talang Leban Batanghari Leko, di desa tersebut mayoritas penduduk adalah petani. Terkait aturan tersebut warga setuju namun mereka berharap Dinas Perkebunan selaku perpanjangan tangan pemerintah dapat mencarikan solusi tentang bagaimana cara membuka lahan tanpa melanggar aturan.


"Dulu kita membakar lahan tidak pernah ada masalah hingga menimbulkan bencana asap. Kita biasanya membuka lahan gotong royong saling bantu. Jadi ketika membakar mereka sudah siap menanggulanginya agar tak merembet dan membesar, jadi apabila tidak ada solusi dari pihak pemerintah terkait larangan bakar lahan ini, terpaksa kami menggunakan cara biasa," ujarnya. (sof)


Editor : adhie
ONews

ONews

ONews - Berita hari ini, kabar harian terbaru terkini Indonesia dan dunia. Situs berita terpercaya seputar politik, peristiwa, bisnis, bola, tekno dan gosip artis.

Post A Comment:

1 comments:

  1. Hanya dengan 1 User ID
    Bisa Main 7 Game di Fifapoker
    Yuk Daftar Segera Dan Dapatkan Bonus New Member
    Pendaftaran : pokerfifa .net

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    BBM : CSID303
    Whatsapp : +6281326993756

    Bandar Capsa Gratis Via Bank OCBC NISP Indonesia

    Promo Bonus ID303
    Ayam Birma Asli

    ReplyDelete