Tidak Masuk 7 kali Berturut-turut, Porsaid Terancam PAW ?

Zahrudin saat menunjukkan bukti absensi anggota DPRD OI, dikantor DPC PPP Kabupaten Ogan Ilir, Rabu (15/3/2017) (poto : fredi)

INDRALAYA, OganPost
Dugaan adanya pelanggaran Tata Tertib DPRD Kabupaten Ogan Ilir oleh Porsaid Abdullah, anggota dewan dari Fraksi PPP kembali mencuat. Pasalnya wakil rakyat dari Daerah Pemilahan I itu dilaporkan rekannya separtai kepada pimpinan lembaga legislatif yang ada dibumi caram seguguk.

Porsaid dilaporkan karena pernah tidak masuk dan tidak mengikuti rapat paripurna selama 7 kali berturut-turut pada tahun 2015 lalu. Padahal sesuai dengan Tatib DPRD OI Nomor 1 Tahun 2014 Bab 13 Bagian kesatu Pasal 125 Point 2 Huruf d, jika anggota dewan tidak mengikuti rapat paripurna selama 6 kali berturut-turut tanpa alasan yang sah maka yang bersangkutan harus diusulkan Pergantian Antar Waktu (PAW) atau dipecat.

Hal ini dibeberkan Zahrudin selaku anggota partai PPP yang memperoleh suara kedua setelah Porsaid saat Pemilihan Legislatif lalu. Menurutnya Porsaid sudah jelas-jelas melanggar aturan, berdasarkan absensi yang ia dapatkan dari sekretariat DPRD OI pada Maret 2015 lalu, Porsaid tidak masuk kerja sejak 9 Januari - 9 Maret 2015.

"Dalam absen ini tercatat, selama 7 kali rapat paripurna yang bersangkutan tidak pernah masuk, karena nama yang bersangkutan tidak ditandatangani dalam absen. Maka dari itu hal ini saya laporkan kepimpinan DPRD OI untuk ditindaklanjuti oleh Badan Kehormatan," ujar Zahrudin, Rabu (15/3).

Kata dia, laporan ini telah dilakukannya pada januari 2017 lalu, namun tindak lanjut dari DPRD OI belum diketahui sama sekali hingga 2 bulan ini. Dirinya pun berharap pihak DPRD OI mengambil langkah tegas terkait hal ini, karena dirinya menilai bukti-buktinya sudah jelas jika Porsaid tidak melaksanakan kewajibannya sebagai anggota dewan.

"Saya belum mengetahui apa hasil rapat Badan Kehormatan DPRD OI, saya hanya meminta ketegasan DPRD OI dalam hal ini Badan Kehormatan, jangan sampai lembaga besar seperti ini dipermainkan seenaknya oleh oknum yang tidak bertanggung jawab," cetusnya.

Zahrudin menduga yang bersangkutan sudah mempunyai absensi sendiri yang berisi tanda tangannya, namun dirinya menegaskan jika absensi yang didapatkannya pada 10 Maret 2015 lalu, dan dirinya menyaksikan langsung bahwa Porsaid benar-benar tidak masuk kerja.

"Jangan sampai dia (Porsaid) membantah hal ini dengan menunjukkan absensi lain. Itu berarti pemalsuan dokumen dan ranahnya sudah masuk tindak pidana. Dia (Porsaid) sudah jelas tidak masuk 7 kali berturut-turut saat itu dan banyak dipublikasikan media massa. BK harus tegas, sesuai aturan harus di PAW," tukasnya.

Ketua Badan Kehormatan DPRD OI belum bisa dimintai keterangan terkait hal ini karena masih melaksanakan studi banding keluar daerah. 

Sedangkan Porsaid Abdullah saat dikonfirmasi melalui selulernya memilih bungkam terkait hal ini. "Maaf ya dek aku lagi dijalan, kagek kutelpon balik," singkatnya menggunakan bahasa daerah. 

Diketahui, Porsaid absen 7 kali Rapat Paripurna Sidang Tahun 2015 berturut-turut pada :

Jumat 9 januari 2015 Dalam rangka rapat internal membahas BPJS, perjalanan dinas, panitia seleksi dewan pakar.
Kamis 15 januari 2015 Dalam Rangka pembahasan tentang PMK dan tim seleksi dewan pakar DPRD OI.
Kamis 12 februari 2015 Dalam Rangka penetapan dan persetujuan nomenklatur Tatib pasal 51.
Jumat 13 februari 2015 Dalam Rangka nota penjelasan Bupati OI atas 4 raperda usul eksekutif.
Senin 16 februari 2015 Dalam Rangka Pandangan Fraksi atas Raperda usul pemerintah.
Rabu 18 februari 2015 Dalam Rangka jawaban Bupati OI atas pandangan umum fraksi-fraksi.
Senin 9 maret 2015 Dalam Rangka penyampaian laporan pansus, pengambilan persetujuan Raperda usul Pemkab OI dan Pendapat akhir Bupati OI.
(frd)

2 comments:

  1. ayo menang kan ratusan juta rupiah di ion-QQ| tunggu apa lagi gan , segera daftar kan diri anda di Ionqq|pin bb : 58ab14f5

    ReplyDelete
  2. Dalam rangka memeriahkan hari Raya Imlek 2018 ID303 memberikan Hadiah Angpao hingga 125.000 sebagai tambahan bonus untuk seluruh member setia ID303 yang berlaku untuk semua permainan kecuali Bola Tangkas dan Togel Online.

    Tunggu Apalagi Boss
    Ayo Segera bergabung Dengan Kami !!!
    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    BBM : 7B3130BF
    whatsapp : +6281326993756
    wechat : ID303
    line : cs.ID303

    ReplyDelete

Powered by Blogger.