H Iskandar SE
KAYUAGUNG oganpost.com-Infrastruktur wilayah menjadi permasalahan pelik banyak daerah di Sumatera,permasalahannya bermacam-macam mulai dari faktor geografis, curah hujan hingga kelebihan tonase kendaraan yang melewati jalan Kabupaten di Sumatera. Selain itu, faktor utama yang menyebabkan hancurnya infrastruktur di Sumatera karena keterbatasan anggaran Pemda untuk membiayai pembangunan dan perawatan jalan.

Persoalan infrastruktur ini jadi bahasan utama para Bupati se Sumatera yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Indonesia (APKASI) regional Sumatera yang melakukan rapat koordinasi di sekretariat APKASI di Jakarta, Senin (5/6) kemarin.

Rapat yang dipimpin Koordinator APKASI regional Sumatera H. Iskandar, SE yang juga Bupati OKI mengatakan kerusakan infrastruktur di daerah juga memerlukan perhatian pemerintah pusat dan Provinsi. 

“Daerah mengalami kesulitan untuk membangun dan memelihara infrastruktur. Masalah ini patut menjadi perhatian bersama, sehingga perlu menjadi rekomendasi kita ke pemerintah pusat” ungkap Iskandar.

Permasalahan ini semakin pelik menurut dia seiring pemangkasan dana bagi hasil (DBH) dari pusat,"Kita semua memang sedang berhemat sehingga berpengaruh terhadap perbaikan infrastruktur yang kita rencanakan"ucap dia.

Iskandar mencontohkan di Kabupaten OKI, anggaran infrastruktur jalan yang tersedia berkisar 200 Milyar dari APBD 1,9 triliyun. Jumlah ini menurut dia jauh dari cukup untuk memperbaiki total panjang jalan kabupaten yang mencapai 15.000 km. Ditambah lagi kontur jalan yang dibangun sebagian besar berada di atas lahan gambut.

Kepala Dinas PU Tata Ruang Kabupaten OKI, Ir. H. Hafidz, MM dikesempatan lain mengatakan membangun jalan di lahan gambut membutuhkan biaya lebih besar,"Pemadatan dan Pengerasan struktur jalan menjadi permasalahan utama, dan biayanya tinggi" ungkap Hafidz.

Dia mencotohkan ruas jalan Kayuagung Sepucuk yang dibangun sejak tahun 2013 membutuhkan dan hingga ratusan milyar untuk mengejar kualitas jalan dengan kontur cor beton,"Dari 2013 sudah kita mulai, hingga 2017 ini menyisakan 11 km lagi dari total panjang 37 Km kita harap ditahun ini tuntas"tukasnya. 

Hafidz merinci per satu kilometer membangun jalan di lahan gambut membutuhkan dana tidak kurang dari 5 milyar,untuk itu pihaknya melakukan upaya perbaikan jalan di OKI secara bertahap dan perzona untuk meningkatkan kualitas jalan.

Permasalahan inftastruktur di daerah ini akan menjadi salah satu rekomendasi para Bupati se Sumatera kepada Presiden Jokowi pada Rakornas APKASI se Indonesia pada bulan Juli mendatang.

Selain jalan, Hasil Rakor kepala daerah se Sumatera ini merekomendasikan 5 (lima) isu strategis lainnya, antara lain bidang pertanian, kesehatan, pedidikan, kerjasama antar daerah dan perizinan.(red)



ONews

ONews

ONews - Berita hari ini, kabar harian terbaru terkini Indonesia dan dunia. Situs berita terpercaya seputar politik, peristiwa, bisnis, bola, tekno dan gosip artis.

Post A Comment:

3 comments:

  1. AJO_QQ poker online terpercaya | pin bb : 58cd292c

    ReplyDelete
  2. BolaVita Adalah Agen Sabung Ayam Dan Bola LIVE Judi Online Terpercaya Dan Terbaik Di Indonesia.

    Deposit dan Withdraw (Tarik Dana) Yang Super Cepat dan Aman..

    -Bonus 10% untuk Member Baru
    -Bonus Referal 10%
    -Bonus CashBack Hingga 10%

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :

    WA : +6281377055002
    BBM : BOLAVITA

    ReplyDelete
  3. Agen Permainan Kartu Terbaik di Fifapoker
    Mainkan Game Poker, Domino, Ceme Dan Banyak Lagi
    Hanya Dengan 1 User ID
    Dapatkan Bonus Harian Dan Mingguan
    Pendaftaran : pokerfifa .net

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    BBM : CSID303
    Whatsapp : +6281326993756

    Bandar Poker Bersama HSBC – Hongkong and Shanghai Bank

    Promo Bonus ID303
    Ayam Birma Asli

    ReplyDelete