Praktek Pemalsuan Dokumen Kerja Berhasil Diungkap Jajaran Polres OKI

Benny Suryadi (31) Warga Desa Berkat Kecamatan SP Padang, Tersangka Pemalsuan Dokumen
KAYUAGUNG OKI oganpost.com– Momentum dibukanya lowongan kerja oleh perusahaan kadangkala dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk melancarkan aksinya guna meraup keuntungan pribadi. Bahkan tidak hanya sekedar berperan sebagai perantara bagi pencari, tetapi juga penyedia kelengkapan yang dipersyaratkan oleh perusahaan.

Seperti dilakoni oleh Benny Suryadinata (31), warga Desa Berkat Kecamatan Sirah Pulau (SP) Padang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan,dimana praktek pemalsuan dokumen kerja yang dilakukan oleh bapak satu (1) anak tersebut akhirnya diungkap jajaran Kepolisian Resort (Polres) Ogan Komering Ilir (OKI).

Aksi yang dilakukan tersangka Benny Suryadinata ini ternyata telah dilakoninya sejak setahun lebih, saat moment dibukanya lowongan kerja di salah satu perusahaan yang ada di Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Tersangka ditangkap di rumahnya, Jumat (18/5/2017), usai memalsukan dokumen kerja. Diamankan juga barang bukti berupa satu (1) unit laptop, empat (4) buah printer, SKCK palsu atas nama Purnama, surat keterangan sehat palsu dikeluarkan oleh Puskesmas, sertifikat pelatihan keselamatan kesehatan kerja (K3) yang dikeluarkan Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

“Hasil pengembangan sementara sudah 500 dokumen kerja yang diterbitkan tersangka, yang dijualnya kisaran antara Rp50 ribu – Rp100 ribu,” ujar Kapolres OKI AKBP Ade Harianto melalui Kasat Reskrim Polres OKI AKP Haris Munandar, Selasa (23/5/2017).

Modus yang dilakukan tersangka untuk memalsukan surat keterangan yang asli dengan cara di scan. Selanjutnya biodata yang diubah menjadi biodata pemohon.

“Namun nomor registernya tidak sesuai,” ungkap Kasat seraya menambahkan, tersangka dijerat pasal 263 KUHPidana dengan ancaman 6 tahun penjara.

Sementara, tersangka Benny Suryadinata, pria tamatan SMA yang berprofesi sebagai tenaga administrasi di salah satu PAUD ini mengaku melakukan pemalsuan karena faktor ekonomi sejak Januari 2016 lalu. Tehnik pemalsuan dilakukannya secara otodidak melalui internet,“Karena banyak yang mau kerja jadi saya buatkan,”aku tersangka.(red)

3 comments:


  1. butuh dana cuma bermodal 15.000 mari gabung di poker terpercaya hanya di ion_QQ,pin BB 58ab14f5.

    ReplyDelete
  2. Bergabung Bersama Kami Di Bolavita(titik)pro

    AGEN TERBESAR DAN TERPERCAYA BOLAVITA(titik)PRO !

    BONUS NEW MEMBER 10% !!!

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :

    WA : +6281377055002
    BBM : BOLAVITA

    ReplyDelete
  3. Main Poker Online di Fifapoker Yuk
    Bisa Dapat Bonus Harian dan Mingguan Disini
    Ada Juga Promo Promo Menarik Lainnya
    Pokoknya Ga Rugi Deh Daftar di Fifapoker
    Pendaftaran : pokerfifa .net

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    BBM : CSID303
    Whatsapp : +628125522303

    Kartu Ceme Online Melalui Bank ANZ Indonesia

    Promo Bonus ID303
    Ayam Birma Asli

    ReplyDelete

Powered by Blogger.