Tingkatkan Pengetahuan Kader Posyandu Kelurahan Sukadana Adakan Pelatihan Kesehatan Dan Gizi

Camat Kayuagung Sampaikan Kata Sambutan
KAYUAGUNG oganpost.com-Guna meningkatkan pengetahuan para kader Posyandu mengenai aspek gizi bagi balita serta meningkatkan kemampuan dalam bidang kesehatan pemerintah kelurahan Sukadana Kecamatan Kota Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) adakan pelatihan Kesehatan dan Gizi bagi para kader Posyandu, kader lansia dan kader PTM di Kantor Kelurahan Sukadana, Selasa (17/12).

Ketua panitia kegiatan Hj. Nurliyah Tamar Yanti dalam laporannya menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki keandalan, keterampilan dibilang kesehatan dan gizi yang peka terhadap lingkungan sekitarnya. 

"Kegiatan ini mengambil tema melalui pelatihan kesehatan dan gizi kita tingkatkan pengetahuan dan keterampilan kader dalam mencapai derajat kesehatan yang optimal,"ujarnya. 

Lanjut dia kegiatan tersebut diikuti oleh 19 orang peserta yang terdiri dari 15 kader Posyandu, 2 kader lansia dan 2 kader PTM, kemudian 90 orang peserta senam jantung sehat, yang dilaksanakan selama tiga hari dimulai senin 17-rabu 19 Desember 2019.

"Dalam pelatihan ini peserta akan mendapatkan pembekalan dari dinkes, TP PKK, puskesmas, bidan kelurahan dan instruktur senam,"terangnya. 

Lurah Sukadana Sofian AB SSos, dalam sambutannya mengatakan,melalui kegiatan ini diharapkan akan menciptakan kader yang andal untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dan gizi.

"Dengan pelatihan ini diharapkan akan menurunkan angka stunting terutama di Kelurahan Sukadana,karena hal ini butuh peran serta dari semua pihak bukan hanya pemerintah,"ucapnya. 

Sementara itu Camat Kayuagung Dedy Kurniawan SSTP mengatakan pentingnya pelatihan kepada kader sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan dalam memberikan layanan terdekat dan mensosialisasikan pengetahuan kesehatan kepada masyarakat, maka peningkatan mutu dan kapasitas kader.

Dikatakan Dedy jika bicara masalah gizi pada tahun 70 An pengetahuan tentang gizi dan kepedulian terhadap pemenuhan akan kebutuhan gizi masih mengkhawatirkan, hal ini disebabkan oleh masih minimnya pengetahuan serta tingkat ekonomi yang masih rendah. 

"Gizi dibutuhkan untuk membentuk manusia yang unggul, kecerdasan tumbuh kembang oleh karena itu saat ini masyarakat sudah banyak yang memperhatikan pentingnya gizi,apa yang dilakukan pada hari ini diharapkan akan mampu untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran gizi. 

"Pemerintah saat ini banyak fokus memperbaiki sarana dan prasarana kesehatan dan saat ini fokus pemberantasan stunting dan ini berkaitan dengan gizi."jelasnya.

Sambung Dedy, bukan hanya sekedar makanannya namun pengetahuan akan gizi itu yang lebih penting,"Semoga dengan pelatihan ini yang tidak tahu bisa menjadi tahu dan paling tidak bisa dihasilkan dirumah sendiri."ungkapnya.

Dikesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan bantuan bagi para kader Posyandu berupa, timbangan digital, alat ukur tinggi badan, dan sejumlah peralatan lainnya.(ziz)

2 comments:

  1. Dengan modal 20,xxx Anda b!sa dapatkan hadiah jutaan hingga puluhan juta
    Yuk merapat kesini I+O+N+Q+Q ^^

    ReplyDelete
  2. Izin ya admin..:)
    Player vs Player WOW langsung saja kunjungin kami di ARENADOMINO tempat bermain Poker dan kartu yang sangat menyenangkan dan hadiah nyata menanti anda semua.. WA +855 96 4967353

    ReplyDelete

Powered by Blogger.