TNI-Pemkab OKI Sinergi Jaga Ketahanan Pangan untuk Perkuat Pertahanan Negara


OGAN KOMERING ILIR oganpost.com -- Jajaran TNI Angkatan Darat (AD) bersama Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir sinergi menjaga ketahanan pangan untuk memperkuat pertahanan negara. 

Bupati Ogan Komering Ilir mengapreasinya jajaran TNI Angkatan Darat (AD) yang berpartisipasi aktif dalam mewujudkan swasembada pangan. Sebab, menurut Iskandar ketahanan pangan merupakan bagian dari ketahanan negara. Sehingga, seluruh elemen bangsa, termasuk TNI, wajib berperan demi menjaga kedaulatan tanah air.

"Terimakasih kepada jajaran TNI dan Polri, kita kompak sehingga mampu meningkatkan produkvitas pangan di Ogan Komering Ilir," ujarnya Bupati Iskandar saat melakukan panen Raya Jagung di Desa Sindang Sari Kecamatan Lempuing, OKI, (9/11).

Bupati Iskandar menerangkan keterlibatan TNI AD di sektor pertanian telah mampu mendongkrak produkvitas pertanian di Ogan Komering Ilir.

“Tahun 2015 produktivitas padi kita sekitar 500 ribu ton gabah kering giling (GKG). Di 2018 dan 2019 meningkat hingga 800 ribuan. Berkat upaya mekanisasi, intensifikasi dan ekstensifikasi yang didukung oleh prajurit TNI” Ungkap Iskandar.

Pada kesempatan sama, Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han mengatakan, peran TNI AD dalam menopang sektor pertanian merupakan bagian dari teritorial yang bertugas membantu dalam geografis, demografis, dan sosial demi kesejahteraan masyarakat.

“Kemitraan  TNI dengan pemerintah daerah adalah bagian dari implementasi jati diri TNI. TNI merupakan tentara rakyat, sehingga harus selalu bersama rakyat,”terang Pangdam. 

Pada kesempatan itu Pangdam II Sriwijaya, Bupati OKI, Forkopimda melakukan panen raya jagung jenis di lahan yang berada di Sindang Sari Kecamatan Lempuing, OKI. Tanaman jagung tersebut ditanam 3 bulan yang lalu di atas lahan 2 hektar yang semula merupakan lahan tidur atau kosong. 

Panen raya jagung dilaksanakan merupakan bagian program dibidang ketahanan pangan yang dicanangkan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman sebagai upaya untuk memantapkan ketersediaan pangan yang bersumber dari produksi lokal dalam rangka memperkuat ketahanan pangan nasional. 

Komandan Kodim 0402/OKI Letkol Inf Hendra Saputra, S.Sos., MM., M.I.Pol mengatakan kegiatan panen raya jagung bersama masyarakat sekitar ini dilakukan untuk mensukseskan program ketahanan pangan yang sekaligus juga upaya membantu pengendalian inflasi daerah khususnya di Kabupaten OKI.

Menurutnya, kegiatan panen raya jagung ini juga berkat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten OKI melalui Dinas Ketahanan Pangan tanaman Pangan dan Holtikultura, serta kerja keras anggota Babinsa Koramil jajaran Kodim 0402 OKI bersama para petani. 

"Alhmadulillah, hari ini jagung yang kita tanam beberapa bulan yang lalu bisa di panen dengan melimpah. Dan hasil dari panen jagung ini bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat sekitar," ujarnya. 

Ketahanan pangan, menurut Dandim Hendra, adalah salah satu program TNI Angkatan Darat dalam memanfaatkan lahan tidur untuk di olah menjadi lahan produktif guna membantu masyarakat secara mandiri. 

“Terwujudnya kemandirian pangan, tentunya juga akan memperkuat ketahanan rumah tangga, masyarakat dan pada akhirnya akan memperkuat ketahanan pangan di wilayah serta mencegah terjadinya krisis pangan dampak dari pandemi covid-19” tutup dia.

No comments

Powered by Blogger.