Komisi III Pinta PU BM Anggarkan Perbaikan Jalan Poros

MUBA oganpost.com-,Komisi III DPRD Kabupaten Musi Banyuasin mendesak kepada Pemerintah Musi Banyuasin khususnya PU Bina Marga untuk menganggarkan perbaikan jalan poros di Kabupaten Muba yang sangat memprihatinkan dan mendesak untuk diperbaiki,Hal ini terungkap saat dilaksakannya monitoring secara langsung di dua jalan poros yakni Sukarame Kecamatan Sekayu - C2 Sungai Lilin dan Desa Pinang Banjar Kecamatan Sungai Lilin-Kecamatan Keluang ,demikian diungkapkan Ketua Komisi III DPRD Muba Bambang Karyanto kamis(5/2)kepada wartawan.

Masih kata dia,kondisi jalan sangat buruk kerena banyak terdapat lobang yang kedalamannya bervariasi, bahkan ada yang mencapai hingga 60 cm,kondisi ini semakin diperparah dengan keadaan iklim, sebab jika hujan jalan akan berlumpur dan jika kemarau jalan berdebu.

”Kita sudah lihat langsung kondisi dua jalan poros yakni Sukarame Kecamatan Sekayu - C2 Sungai Lilin dan Desa Pinang Banjar Kecamatan Sungai Lilin-Kecamatan Keluang,kondisinya sangat memprihatinkan dan hancur,”ujar Bambang.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan,jika tidak segera dibenahi,jalan poros yang menjadi akses utama masyarakat ini dapat bertambah hancur dan dipastikan dapat membuat aktivitas ekonomi masyarakat terganggu secara total,”Dengan kondisi jalan yang hancur seperti ini, aktivitas trasnportasi masyarakat terutama perekonomiansangat terganggu,apalagi kalau dibiarkan, maka akan lebih menyulitkan,” jelas dia.

Atas dasar itulah, lanjut dia, pihaknya memberikan tiga rekomendasi kepada instansi terkait yakni Dinas PU Bina Marga agar dapat dilaksanakan. Dimana rekomendasi tersebut yaitu harus dilakukannya pelebaran jalan poros, pembenahan jalan baik secara spot maupun menyeluruh dan harus dilakukannya tebang bayang.

”Anggarannya sudah ada, akan kita masukkan ke dalam APBD 2015 ini, karena saat ini APBD induk masih dalam tahap pembahasan jadi anggarannya bisah dibesarkan,target kita 2016 jalan poros sudah dalam kondisi baik,akan kita lakukan dalam dua kali anggaran,memang dananya besar namun harus diprioritaskan, ini demi masyarakat,” beber dia.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Muba, Cik Kawai, menambahkan, selain jalan poros Sukarame Kecamatan Sekayu - C2 Sungai Lilin dan Desa Pinang Banjar Kecamatan Sungai Lilin-Kecamatan Keluang, pihaknya juga akan meninjau dua jalan proso lainnya karena memiliki kondisi yang sama.

”Rencana kita juga akan tinjau dua jalan pros yang lain yaitu jalan poros Pal11 Kecamatan Sekayu-Desai Air Balui Kecamatan Plakat Tinggi dan Bukit Indah Kecamatan Sekayu- Desa Jirak Kecmatan Sungai Keruh,” ucap dia.

Menanggapi hal tersebut, Kabid Pengawasan Jembatan dan Jalan Dinas PU BM Muba, Achmad Abraham, mengatakan, bahwa perbaikan jalan pros merupakan salah satu program utama yang akan dilakukan pihaknya pada tahun ini,diantaranya jalan poros atau penghubung antar kecamatan Keluang menuju Simpang Siku sepanjang 27 Km.

Selanjutnya akan diteruskan pula pelebaran dan peningkatan jalan Keluang-Sp Selabu-Desa Dawas-simpang jalan negara atau C2,”Kemudian melanjutkan peningkatan jalan dengan aspal hotmix di jalan dalam Kelurahan Keluang sepanjang 10 km secara bertahap dan perbaikan juga dari Kecamatan Keluang-Sp Supat-Bandar Jaya,”paparnya.(sof)

No comments

Powered by Blogger.