Muba Adakan Pameran Batu Akik

MUBA oganpost.com- Untuk memperingati HUT Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang ke-69 dengan moto “Pers Hebat, Bangsa Hebat” bekerjasama dengan Sekayu Gemstone Community (SGSC) menggelar Perlombaan Batu Akik Sumatera “Kejuaraan Bupati Cup” tanggal 9-10 Maret 2015. Acara ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Bupati Musi Banyuasin (Muba) H.Pahri Azhari, Wakil Bupati Muba Beni Hernedi, Sekretaris Daerah (Sekda) Muba H. Sohan Majid, Asisten I Rusli SP, MM., Asisten II Ir. Sulaiman Zakaria, SKPD dan FKPD Muba.

Kontes ini digelar dalam rangka memberikan penghargaan pada pelestari seni batuan mulia asli Indonesia sehingga dapat membuat seluruh masyarakat mengerti tentang keindahan yang alami. Selain perlombaan batu akik, terdapat juga pasar malam dan pameran batu akik demi pemberdayaan ekonomi rakyat.Hari pertama akan dipertandingkan lima kelas batu yaitu batu akik jenis Blue Calsedoni, Yellow Calsedoni, Lavender Calsedoni, Agathe Krystal, dan Gambar Badar, sedangkan hari kedua dipertandingkan jenis Junjung Drajat, Teratai, Giok Sumatera (Aceh dan Padang), dan jenis kelas bebas, unik dan antik (khusus Akik Sumatera).

Perlombaan batu akik digelar guna mempererat tali silaturahmi pada sesama pencinta batuan mulia dan mengenalkan pada masyarakat mengenai kekayaan alam Indonesia terutama Batu Akik asli Sumatera. Kami berterimakasih atas kepercayaannya untuk menyelenggarakan acara ini, dan harapan kami agar perlombaan ini dapat berjalan lancar dan sukses,” jelas Ketua Panitia Perlombaan Batu Akik Sumatera, Kurnadi ST, Senin (9/3) di Lapangan Gelanggang Remaja, Sekayu.

Dewan Juri dari perlombaan ini berasal dari Komunitas Indonesia Gemstone. “Sebagai Ketua Juri 1 adalah Yofie Scorpio dan Ketua Juri 2 Mr.Jazz. Hingga tadi malam telah terdaftar 170 peserta dengan 365 batu akik, yang memperebutkan Tropi Bupati Muba dan uang pembinaan, Untuk tempat pendaftaran di Sekretariat Sekayu Gemstone (SGSC) Jl.Merdeka No.594, RT 01/RW 01, Kel.Soak Baru LK.V Sekayu” tutupnya. Acara dilanjutkan dengan pembacaan sumpah dewan juri dan penyerahan cinderamata Batu akik asli Muba jenis Fosil Kayu Sungkai tutur krnaidi

Menanggapi hal tersebut, Bupati Muba menyatakan kontes pameran dan perlombaan batu akik ini merupakan yang pertama kali di Muba. “Acara ini mengundang penggemar batu akik dari Muba dan luar Muba, bahkan di berbagai daerah kini telah diterapkan aturan yang mengharuskan pegawai memakai batu akik karena selain kini tengah booming, batu akik juga merupakan hasil alam asli Indonesia,”ucapnya.

Sementara itu, Ketua PWI Sumsel Oktap Riadi mengapresiasi pada Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba) yang terus mendukung kegiatan PWI Muba. “Muba merupakan Kabupaten dengan wartawan yang terbanyak lulus uji kompetisi. Kami berharap hubungan baik ini terus berjalan, kedepannya di Muba kami akan membuka sekolah jurnalis. Dengan adanya sekolah tersebut diharapkan agar wartawan bisa bertindak dengan profesional,” paparnya.

“Saat hari pers di Batam, PWI ikut serta dengan tujuan refleksi agar lebih baik dan wartawan daerah dapat mendorong dan memacu pembangunan di Muba,”pungkap Oktap.(sof)

2 comments:

Powered by Blogger.