Pejabat Bupati Pali Hadiri Perayaan Entas-Entas

PALI. oganpost.com-Dalam rangka merayakan perayaan hari besar umat hindu di Kecamatan Tanah Abang, seluruh umat hindu berkumpul, untuk berdoa serta sembahyang di acara ini, disini hadir wakil Gubernur melalui Penjabat Bupati Pali Drs.Apriyadi,M.Si, seluruh Unsur Muspika, serta SKPD yang ada, ini bentuk penghormatan kepada leluhurnya,acara ini di adakan di Candi Bumi Ayu.

Dikatakan Yoman Suwija ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Kabupaten Muara Enim, kegiatan hanya sebatas silahturahmi antara umat beragama,serta saling hormat menghormati antar sesama,”Ini merupakan acara adat umat hindu se Provinsi Sumsel, akan tetapi di selengarakan di Kecamatan Tanah Abang,”ucapnya.

"Kegiatan ini upacara sembahyang seluruh umat hindu, biasanya disebut dengan nama etas-etas, untuk menghormati arwah leluhur terdahulu, sebab di bumi ini bukan hanya manusia saja yang hidup, akan tetapi arwah-arwah bangkit kembali,"ujarnya.

Ditambahkan anggota DPD RI Provinsi Bali Aria I gusti Ngurah Karya Medakarma, mengungkapkan ini merupakan sedekah bumi, demi keselamatan umat manusia, serta menjalin hubungan yang harmonis, atau individu dengan leluhur.

Sementara itu Penjabat Bupati Pali Drs.Apriyadi,M.Si dalam kata sambutannya mengatakan ucapan terimakasih kepada seluruh umat hindu yang bisa datang ke tanah abang, dikatakan Apriayadi pemerintah akan berupaya untuk menjaga keamanan serta melestarikan kebudayaan di wilayah ini, disini pemerintah meminta dukungan seluruh elemen masyarakat.

"Kami berharap seluruh umat beragama, agar menjaga keamanan, sebab semuanya butuh satu kesatuan antar sesama, pemerintah tidak akan bisa membangun, tanpa bantuan masyarakat, oleh karena itu dengan adanya acara ini, bisa menjalin hubungan harmonis atau individu dengan leluhur,”harapnya,(putra)

No comments

Powered by Blogger.