Puluhan Hektar Lahan Jagung Petani Banyuasin Gagal Panen

BANYUASIN,oganpost.com- Musim kemarau yang terjadi di kabupaten Banyuasin (Sumsel) sangat terasa di Desa Majatra Primer 3 kecamatan Pulau Rimau,suhu panas terjadi hampir 4 bulan terakhir berimbas pada lahan pertanian jagung warga selain cuaca panas menyebabkan jagung tumbuh kerdil,puluhan hektar lahan jagung ini juga diserang hama tikus.

“Warga yang sebelumnya memprediksi jika menanam padi tidak akan mebuahkan hasil akhirnya memutuskan untuk menanam jagung dikarenakan meemiliki kemampuan cukup untuk menyerap air tapi sayangnya panas yang berkepanjangan mebuat tanaman jagung pun tidak tumbuh sempurna,”kata Ramdani (35) Warga setempat kepada wartawan Senin (14/9/2015).

Tambah dia , harga jagung saat ini Rp. 2000/kg - 2500/kg,”Agak lumayan harganya kedati harganya demikian karena buah tidak sempurna kecil tongkolnya berbuah banyak kosong diperparah serangan hama tikus membuat kami memilih tidak memanen jagung tersebut,”ucapnya..

Dituturkan dia,bibit bantuan pemerintah daerah yang diberikakan kepada petani juga tidak dapat tumbuh normal karena pasokan air yang tidak bisa diserap akar jagung,"Lihat saja tanah sudah retak seribu mau menyerap makanan dimana jagung kalau sudah kering kerontang seperti ini,"katanya.(madi)

No comments

Powered by Blogger.