Rihal : Shalat Istiqhoro Ada Tata Caranya

BANYUASIN,oganpost.com-Masuknya musim panca robah atau sering disebut musim kemarau membuat masyarakat berlomba-lomba mengadakan Shalat Hajat Istiqhoro(Shalat Meminta Hujan) atas kekeringan yang melandah daerah mreka masing-masing.

Disaat shalat hajat tersebut sudah di lakukan namun masih belum ada juga tanda-tandah hujan akan turun,justru hal ini akan membuat orang merasa kufpur dan berputus asa ke pada Allah S.W.T.padahal secara logika di tempat tersebut masih banyak air yang tersedia atau masih ada cara untuk mendapatkan Air.

Hal inilah yang membuat Ketua MUI kecamatan Banyuasin III kabupaten Banyuasin,Provinsi Sumsel,menghimbau agar masyarakat jangan sampai salah arti tentang shalat istighoro tersebut,karena menurut dirinya,semua shalat itu ada tatacara dan syaratnya masing-masing,"Saryat shalat istighoroh itu ada beberapa macam seperti,pilihlah orang-orang yang do'anya bakal di kabulkan,dilapangan terbuka,dan diawali dengan Istighaza."ujar Rihal(40) ketua MUI kecamatan Banyuasin III yang juga pimpinan Ponpes Nurul Iman Desa Ujung Tanjung kepada wartawan Kamis (17/9).

Dikatakan dia kenapa syarat tersebut mutlak perlu di penuhi sebab jangan sampai selesai shalat justru membuat kita menjadi kuffur karna usai shalat belum juga datang hujan,karena Allah.S.W.T. tidak akan memberikan cobaan diluar batas kemampuan umatnya,"Do'a yang makbul itu do'a dari orang yang benar-benar membutukan air, seperti masyarakat yang menengah kebawa,anak-anak yatim,panti jompoh serta hewan yang ada di lingkungan,sebab do'a itu akan di kabulkan oleh Allah.S.W.T. bukan melihat siapa orang yang Shalat namun do'a akan terkabul karna siapa orang yang benar-benar membutukan,”bebernya.

Masih kata dia,shalat istighoroh itu di awali dengan istigghoza(zikir),hendaknya dikerjakan di waktu pagi,serta jangan di kerjakan di satu tempat saja hendaknya di mana tempat-tempat yang betul-betul membutuhkan,kita juga jangan berlebihan,sebab shalat istiqhoroh itu di lakukan ketika darurot(dalurat),kemarau yang benar-benar mendesak yang melebihi dari kebiasaan musim setiap tahunya serta dalam kondisi yang tidak bisa diatasi oleh akal sehat/sunahtullah.

"Kita himbaukan kepada pemerintah agar menganjurkan shlat istighoro di tempatnya masing-masing ,jangan sampai kita kufur hanya karna doa kita tidak terkabul,padahal syarat dari sholat itu sendiri belum terpenuhi.kalau semua sarat sudah kita penuhi insyak allah do'a kita akan segerah di ijabah,"pungkasnya.(madi)

No comments

Powered by Blogger.