SMP IT Bina Insani Ciptakan KBM Lebih Hidup

OKI Kayuagung oganpost.com-Setiap sekolah pasti menginginkan suasana kegiatan belajar mengajar (KBM) lebih hidup,maka SMP Islam Terpadu Bina Insani , telah menerapkan sebuah konsep kepada guru maupun siswanya,sehingga nantinya, bisa mencapai kenyamanan dalam proses belajar mengajar tersebut

Pailkem adalah singkatan dari pembelajaran aktif, inovanif yang berwawasan lingkungan, kreatif, efektif, dan menyenangkan, ”Dengan adanya konsep itu, para siswa bisa mendapatkan kenyamanan,baik secara pembelajaran akademik maupun nonakademik,” kata , kepala SMP IT Bina Bina Insani Drs.Mulyadi,M.Pd saat di temui wartawan.

Lanjut dia Berbagai konsep diterapkan Supaya nantinya dalam KBM, siswa dapat semangat belajar. Sehingga semua pengajar diwajibkan untuk menerapkan konsep tersebut,”Aktif yang dimaksud adalah dalam proses pembelajaran, guru harus menciptakan suasana nyaman,sehingga murid aktif bertanya, dan mengemukakan gagasan,belajar memang merupakan suatu proses aktif dari si pembelajar, dalam membangun pengetahuannya,bukan proses pasif yang hanya menerima kucuran ceramah guru, tentang materi pelajaran,” ungkapnya.

Dikatakanya ,dengan adanya itulah siswa dituntut bersemangat dalam KBM.selain itu juga harus diimbangi dengan inovatif,yaitu dengan cara mendayagunakan kemampuan dan keahlian guru, untuk menghasilkan karya baru,”Kreativitas merupakan suatu bentuk dari skill yang bisa diberdayagunakan untuk menunjang pembelajaran,karena pada saat ini selain pembelajaran akademik yang harus didapat siswa, kreativitas juga harus selalu diasah,sehingga nantinya skill siswa bisa tajam, dan seimbang,” paparnya.

Tambah dia,Dengan adanya pembelajaran secara aktif, inovatif dan kreatif itu, KBM berjalan efektif,sebab konsep itu bisa tepat sasaran kepada siswa,yang dahulunya secara mental tidak berani atau pasif, dengan adanya penerapan itu mental murid bisa berkembang,”Dan yang terakhir adalah menyenangkan. Pembelajaran itu harus bisa menyenangkan dan membawa suasana KBM lebih hidup. Apabila tidak menyenangkan, maka pemahaman anak tidak berkembang. SMP IT ini pun terus melakukan perbaikan dalam penerapan konsep belajar,” imbuhnya. (andi)

No comments

Powered by Blogger.