Antisipasi Gejolak Sosial Diperbatasan Bupati OKI dan Mesuji Lampung Jalin Kerjasama

Bupati OKI & Mesiji Lampung Tandatangani MoU
OKI Kayuagung oganpost.com-Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Iskandar SE melakukan kerjasama lintas kabupaten dengan Bupati Mesuji Provinsi Lampung Khamami SH. Kerjasama ini terkait kewaspadaan dini gejolak sosial di wilayah perbatasan tersebut sekaligus Pengukuhan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat dan Forum Pembauran Kebangsaan, di Pendopo Kabupatenan, Rabu (27/4/2016).

Bupati OKI, Iskandar, SE mengatakan kerjasama ini terkait, integrasi dan sinkronisasi dalam pembentukan tim terpadu penyelesaian konflik, serta tukar menukar informasi baik secara berkala ataupun insidentil,”Kerjasama ini sangat penting, guna terhubungnya komunikasi kedua wilayah dalam menjaga kerukunan dan ketentraman masyarakat diperbatasan kedua wilayah,”ungkap Iskandar, SE

Sementara itu Bupati Mesuji Lampung, Khamamik, kerjasama yang akan dituang dalam Mou dengan Kabupaten OKI, adalah dibidang infrastruktur, pendidikan dan mengenai batas wilayah.Khamamik menjelaskan kerjasama itu sangat penting mengingat dua kabupaten baik Mesuji dan OKI adalah dua kabupaten berdampingan. "Secara langsung dan tidak langsung memiliki ketergantungan strategis, baik dalam ekonomi dan lainnya," jelasnya.

Hadir pada pelaksanaan MoU Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumsel Richard Cahyadi AP MSi, Kabinda Brigjen TNI M Dwi Puteo SH MAP, Dirbinmas Polda Sumsel Kombes Pol Drs Sutrisno Dewo Gono Mukti MM, Pabandya Komsos Sterdam II/SRW Mayor Armed Ifien Anidra, FKPD OKI, FKPD Mesuji Lampung, Ketua Forum Kerukunan Kebangsaan (FKP) Sumsel Dr H M Baryani SE MM, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sumsel Drs KH Thohlon Abdul Rauf, Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Sumsel Drs Ong Berlian MSi, Bupati OKI H Iskandar SE, dan masyarakat, Kapolres Lampung, Bupati Mesuji Provinsi Lampung Khamami SH, serta jajaran, dan masyarakat.

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumsel Richard Cahyadi AP MSi, menyambut baik kerjasama kedua daerah ini. Menurut dia hal baik seperti ini harus diterapkan daerah lain terutama yang berada di perbatasan,”Saya menyambut baik inisiatif kerjasama daerah dari Bupati OKI dengan Bupati Mesuji Lampung. Harapannya kerjasama seperti ini dapat dilakukan oleh daerah lain” Ungkap Ricard.

Perwakilan masyarakat dari Mesuji Lampung dan Mesuji OKI menjadi satu, berbaur dan duduk bersama-sama untuk menyaksikan penandatanganan MoU dan dihibur oleh Paguyuban kuda Lumping Dwi Manunggal Roso Pimpinan Tukardi Kecamatan Lempuing Desa Tugumulyo.(hms)

No comments

Powered by Blogger.