Disbudpar Pagaralam Gelar Bimtek dan Bentuk Himpunan Pramuwisata

Walikota Pagaralam dr Hj Ida Fitrati MKes bersama Himpunan Pramuwisata kota Pagaralam periode 2016-2021.

PAGARALAM, oganpost.com - Daerah tujuan atau destinasi pariwisata yang terkondisi baik, harusnya di setiap tempat objek wisata terdapat pemandu wisata yang baik tutur sapanya, santun perilakunya dan ramah dalam bersikap, sehingga menimbulkan kenangan khas yang mendalam kepada tiap pengunjung. Kondisi ini tentunya bermuara terhadap keberhasilan kepariwisataaan dan peningkatan perekonomian masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Walikota Pagaralam, dr Hj Ida Fitrati Mkes saat membuka Bimtek Pramuwisata sekaligus melantik pengurus Himpunan Pramuwisata Pagaralam periode 2016-2021 yang digagas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pagaralam, di aula seminar Hotel/Villa Wisata Gunung Gare, kemarin.

“Pembangunan kepariwisataan Kota Pagaralam yang secerah alam, tidak cukup hanya dilakukan dengan membangun infrastruktur fisik penunjang pariwisata saja, juga harus diiringi pembangunan manusia atau masyarakat, sehingga arah pembangunan kepariwisataan memiliki keberimbangan,” ujar Walikota Pagaralam.
 
Dilantiknya pemandu Pramuwisata, lanjut Ida (sapaan akrab Wako), diharapkan keindahan alam dan panorama dapat lebih dikenal luas serta dapat mengembangkan jaringan kerjasama, sehingga pencapaian visi Kota Pagaralam secerah alam dapat diwujudkan. 
 
“Sebagai insan pariwisata yang bergerak dijasa pemanduan, diharapkan kemampuan profesi ini memiliki sifat-sifat sopan santun, ramah, tidak over acting, mudah menyesuaikan diri, rasa humor yang sehat dan penampilan menyenangkan,” ucap Ida. 
 
Ditambahkan Ketua Pelaksana Kegiatan, Samsul Bahri, tujuan dari diadakannya Bimtek agar dapat meningkatkan kualitas kepariwisataan, kepuasan kepariwisataan, teknis memandu dan publik speaking, serta pemahaman lintas budaya. Bimtek dilaksanakan selama 3 hari, mulai 25 agustus hingga 27 Agustus 2016, diikuti sebanyak 60 peserta yang berasal dari pengurus himpunan pramuwisata Pagaralam, bujang gadis Pagaralam serta masyarakat umum. Sedangkan narasumber menghadirkan perwakilan dari Himpunan Pramuwisata Provinsi Sumsel, Dinas Kebudayaan Pariwisata Provinsi Sumsel dan Disbudpar Pagaralam.
 
Terpisah, Ketua Biro Humas Himpunan Pramuwisata Provinsi Sumsel, Wendi Iriana mengatakan, Himpunan Pramuwisata Pagaralam merupakan yang pertama kali dibentuk di Sumsel. 
 
“Harapan saya, pengurus yang baru dilantik dapat menjalankan amanat dengan sebaik baiknya, dengan berkoordinasi bersama Pemkot Pagaralam,” imbuhnya.(herikusnadi)
 
Editor : Adhie 

No comments

Powered by Blogger.