Kenalkan Kawasan Kota Lama ke Generasi Muda

Camat Kota Kayuagung, Dedy Kurniawan, S.STP saat melakukan pengecatan pertama kawasan kota lama Kayuagung

OKI Kayuagung, oganpost.com - Kecamatan Kota Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) akan menggelar event spesial di akhir tahun ini. Kegiatan unik tersebut mengangkat tajuk “Kota Lama Herritage Colortastic Fun Run 2016”.

Ketua pelaksana juga Camat Kota Kayuagung, Dedy Kurniawan SSTP di dampingi sekretaris panitia lokal, Adi Yanto mengatakan, event tersebut digelar untuk mengenalkan aset budaya kepada generasi baru. 
 
“(Kota Lama) Itu aset tapi masih banyak warga belum menyadarinya. Multi-effect-nya besar. Masyarakat diharapkan dapat lebih kreatif,” ungkap Dedy, Selasa (6/12)

Menurutnya, tujuan penyelenggaraan event yang berlangsung pada 18 Desember mendatang ada dua. Pertama, membuat salah satu tempat kunjungan di Kabupaten OKI, khususnya Kecamatan Kota Kayuagung. Kedua, mengajak masyarakat untuk mencintai sungai.

Dirinya berharap, fun run ini akan dijadikan event tahunan. Event ini bahkan sudah dilirik oleh Palembang Runners dan Indo Runners. 
 
“Mereka berpartisipasi karena mengoleksi medali. Medali terbuat dari kayu bergambar perahu Kajang,” sebutnya.

Selain fun run, kegiatan ini diwarnai dengan mengecat 33 rumah sepanjang Sungai Komering. 
 
“Kota Lama akan dicari wisatawan, khususnya untuk mencari spot photografi. Sebagai warisan budaya, di Kota Lama masih ada rumah batu bercorak Eropa dan Cina, rumah pertama di Kayuagung yang didirikan tahun 1912,” terangnya. 
 

 
Dedy mengatakan, di Kecamatan Kota Kayuagung ada 14 desa/kelurahan, meliputi 600 kepala keluarga (KK) dengan jumlah warga sekitar 200 ribu orang. Sejumlah 300 KK, kata dia, tidak punya MCK. Untuk itu, solusi tahun depan, pemerintah kecamatan yang dipimpinnya itu akan membuat MCK dengan dana APBN. 
 
“Dana pusat akan dikelola pemerintah kecamatan sebagai koordinator, khususnya untuk membangun MCK,” tutupnya.

Sementara itu, sekretaris panitia pelaksana Adi Yanto, S.Pd cukup bangga karena even ini dilaksanakan tanpa menggunakan dana APBD, murni sumbangsih pihak ketiga dan dukungan berbagai komunitas anak muda di Kota Kayuagung.

"Kita bersyukur atas dukungan penuh semua pihak khususnya kepada Bapak Bupati OKI, H. Iskandar, SE, pemerintah daerah, para sponsor dan rekan-rekan komunitas anak muda di Kayuagung" pungkasnya. 
 
Even ini menurut Adi terselenggara atas dukungan PT Sampoerna Agro, PT OKI Pulp, Sinarmas Forestry, Bank BNI Cabang Kayuagung, XL Axiata serta media partner. (rel)

2 comments:


  1. ION-QQ POKER
    kami dari agen poker terpercaya tahun ini
    Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

    menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

    poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

    juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

    ReplyDelete
  2. "Hallo Para Boss dan Para Pecinta Poker Online Kini Sudah Dibuka Markas Poker S1288POKER.
    S1288POKER Adalah Situs Judi Online Yang Paling Aman dan Terbesar di Indonesia No BOT, Only Player VS Player 200% Fair play. (PIN BBM: 7AC8D76B)"














    ReplyDelete

Powered by Blogger.