Pemkab Gandeng Perusahaan Bentuk Desa Kemitraan Mandiri

Pj Bupati Muba H Yusnin memberikan sambutan sekaligus membuka rapat koordinasi pelaksanaan penanaman kebun buah di desa kemitraan ring I perusahaan perkebunan tahun 2017 di Auditroium Pemkab Muba.
MUBA oganpost.com - Program kemitraan antara perusahaan perkebunan pemkab Muba dengan desa-desa ring 1 perusahaan merupakan kewajiban dari seluruh perusahaan perkebunan. Sesuai amanat undang-undang bahwa investor masuk ke suatu wilayah tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat di wilayah tersebut khususnya warga kab muba namun tidak mengurangi tujuan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan dari usahanya.

Demikian diutarakan PJ Bupati H Yusnin, dalam pembukaan rapat mengatakan bahwa koordinasi pelaksanaan penanaman kebun buah di desa kemitraan Ring I perusahaan perkebunan tahun 2017 di Auditorium Pemkab Muba, Selasa(21-3)

"Dengan kondisi pendapatan kita terutama dibidang bagi hasil migas yang terus menurun, sehingga dalam pembangunan diperlukan peran aktif rekan-rekan perusahaan salah satunya adalah untuk mensejahterakan di ring satu," kata Yusnin.

Lebih lanjut Ia mengharapkan dukungan semua stakeholder, agar tujuan mulia dari pelaksanaan kegiatan penanaman kebun buah di desa kemitraan ring satu perusahaan perkebunan dapat terlaksana dengan sukses sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi produktif menjadi desa kemitraan yang secara berkelanjutan untuk menjadi desa mandiri.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan, Drs Iskandar Syahrianto MH menjelaskan bahwa program tersebut merupakan hasil tindak lanjut dari pertemuan Pemkab Muba, Masyarakat dan perusahaan perkebunan pada tahun 2016 yang menginginkan dibentuknya desa-desa kemitraan di wilayah perusahaan perkebunan dalam Kabupaten Muba yang nantinya menjadi desa mandiri, dengan program/kegiatan yang didasarkan atas kebutuhan dan potensi desa masing-masing.

"Program ini telah disusun sejak tahun 2016, dimana kita telah melakukan inventarisasi pengecekan lapangan tentang ketersedian lahan dan survei mengenai kecocokan tanaman yang akan di tanam di beberapa desa kemitraan di 14 kecamatan,dalam kabupaten Muba,”terangnya.

Dari 237 desa yang ada di Kabupaten Muba dipilih 49 calon desa kemitraan yang akan mendapatkan bantuan program tersebut,” Beberapa desa yang akan menerima bantuan,diantaranya Kecamatan Sekayu Desa Lumpatan II, Desa Bailangu, dan Kecamatan Sungai Lilin, desa Panca Tunggal,”ungkap Iskandar.(sof)

1 comment:

  1. DAPATKAN FREECHIP DAN FREEBET !!

    DENGAN BONUS DAN CASHBACK HINGGA 10 % !!!!

    MARI BERGABUNG DENGAN KAMI WWW.BOLAVITA(titik)PRO

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :

    WA : +6281377055002
    BBM : BOLAVITA

    ReplyDelete

Powered by Blogger.