Dodi Reza Ajak Warga Minimalisir Sampah Plastik

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex saat meninjau drainase di kota Sekayu.
SEKAYU, OganPost.com - Musim penghujan sudah dimulai, dikhawatirkan warga akan dihadapkan pada permasalahan banjir.

Namun, antisipasi agar persoalan banjir tidak terjadi telah dilakukan Bupati Muba Dodi Reza dengan salah satunya memastikan drainase bagus dan tidak ada sampah plastik yang menumpuk di selokan.

Pantauan di lokasi, tampak Bupati Muba Dodi Reza mengecek satu persatu drainase di Kota Sekayu guna memastikan agar pada musim penghujan aliran air di selokan lancar sehingga tidak menyebabkan banjir.

"Kalau drainase lancar, banjir bisa dicegah," ucap Dewan Pembina GP Ansor Sumsel tersebut.

Menurutnya, agar drainase tidak bermasalah tentu selokan harus bersih dan terhindar dari tumpukan sampah plastik.

"Agar ini terwujud tentu peran serta warga sangat diharapkan, ayo kita sama-sama mengurangi penggunaan plastik dan membuang sampah plastik sembarangan," ajaknya.

Lanjutnya, saat ini Muba telah meraih Piala Adipura Kencana tentu harus dipertahankan dan ditingkatkan.

"Kita sudah lama absen dari peraihan piala Adipura. Nah, sekarang kita telah dipercaya kembali dipercaya menjadi Kabupaten Terbersih. Mempertahankannya tanggung jawab kita bersama," tegasnya.

Ketua KADIN Sumsel ini juga berencana ke depan dirinya akan mengumpulkan seluruh pelaku UMKM terutama yang bergerak di bidang kuliner serta pedagang kaki lima di Muba untuk mengurangi penggunaan kantong plastik dan mencari alternatif lain wadah belanjaan yang ramah lingkungan.

"Jadi nantinya akan kita carikan pengganti kantong plastik bahan yang ramah lingkungan. Penggunannya akan disosialisasikan ke pedagang dan pelaku UMKM yang ada di Muba sehingga penggunaan kantong plastik yang sulit terurai bisa berkurang," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Andi Wijaya Busro menyebutkan pihaknya juga sudah rutin melakukan pembersihan dan pengecekan drainase di Sekayu.

"Antisipasi sudah kita lakukan sejak lama, mulai dari pembersihan selokan oleh tim di lapangan dan mensosialisasikan agar warga tidak membuang sampah sembarangan di selokan," katanya.

Andi menambahkan, pihaknya juga telah menggencarkan program Jumat bersih dimana setiap hari Jumat secara bergantian di tiap Kelurahan dan Desa di Muba melakukan bersih-bersih di masing-masing wilayah.

"Warga Muba tak henti-hentinya kami ajak untuk membuang sampah pada tempatnya serta meminimalisir penggunaan bahan plastik yang sulit terurai agar lingkungan di tempat masing-masing terjaga kebersihannya," ungkapnya.(sof)

2 comments:

  1. Haii .... buat kamu y4n9 suka B0L4, yuk mar1 9abung di u+p+d+a+t+e+b+e+t+t+i+n+g
    K0munitas b0l4 terbesar, am4n dan terpercaya di 1nd0nesi4 :)

    ReplyDelete
  2. Suntuk di rumah yuk gabung dan menangkan permainan kartu bersama kami hanya di ARENADOMINO 9 game kami sediakan untuk kalian semua so tunggu ap lagi yukk... WA +855 96 4967353

    Izin ya admin..:)
    Player vs Player WOW langsung saja kunjungin kami di ARENADOMINO tempat bermain Poker dan kartu yang sangat menyenangkan dan hadiah nyata menanti anda semua.. WA +855 96 4967353

    ReplyDelete

Powered by Blogger.