MUBA SEKAYU oganpostcom- Kabupaten Musi Banyuasin merupakan kabupaten yang memiliki banyak sungai, untuk itu Pemerintah Kabupaten Muba berinisiatif membangun Stasiun Pamantu Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) di Kecamatan Lalan, guna meningkatkan keamanan dan keselamatan masyarakat di wilayah perairan.

Demikian diungkapkan oleh Kepala Bagian Kerja Sama Sekretariat Daerah Kabupaten Muba Dicky Meiriando SSTP MH, saat memimpin Rapat Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD) dalam rangka Pembahasan Draf Kesepakatan antara Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia  Dengan Pemkab Muba di Ruang Rapat Randik Setda Muba, Senin (14/9).

Dikatakannya hal tersebut adalah tindak lanjut dari pertemuan antara Bupati Musi Banyuasin H Dodi Reza Alex Noerdin dengan Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI Aan Kurnia SSos MM di Jakarta, pada tanggal 10 Agustus 2020 lalu.

"Setelah itu dilakukan pertemuan teknis TKKSD kita dengan Direktur Kerjasama Bakamla Kolonel Retiono Kunto HSE di Jakarta pada tanggal 3 September 2020. Dimana mereka meminta dukungan pembangunan SPKKL yang dilengkapi fasilitas kantor, dermaga dan mess pegawai," ungkapnya.

Kemudian lanjut Dicky, Bakamla RI akan menugaskan personilnya yang dibantu oleh personil BKO dari Pemkab Muba pada SPKKL, selain itu diperlukan juga dukungan jaringan telekomunikasi guna mengoperasikan Perangkat IT Sistem Informasi Pemantau Keamanan dan Keselamatan Laut dari Bakamla RI.

"Sehubungan dengan rencana sinergi program kita dengan Bakamla RI, kita sangat mengharapkan bantuan dari Perangkat Daerah terkait untuk realisasinya,"ucapnya. .

Menanggapi paparan dari Kabag Kerja Sama Setda Muba, Kasi Bidang TR Dinas PUPR MUba Mix Faisal mengatakan perihal sinergi program keamanan dan keselamatan dengan Bakamla RI, Dinas PUPR akan menyiapkan peta pelayanan dari RTRW yang sudah ada dengan berdasarkan Perda Nomor 8 tahun 2016.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris BKPSDM Muba Nespo Azhar SIP mengatakan jika sinergi tersebut sudah final diharapkan dapat disampaikan ke BKPSDM Muba untuk penempatan tenaga kerja di SPKKL.

"Kalau kesepakatan ini nanti sudah final bisa Perangkat Daerah terkait untuk melanjutkan ke BKPSDM dalam perekrutan tenaga kerja," kata Nespo.

Sementara Kepala Bidang ASDP dan Perhubungan Udara Dinas Perhubungan Muba Hj Nirmala SE MSI mengungkapkan sangat mendukung sekali kerjasama tersebut, karena menurutnya banyak hal-hal positif yang dapat dihasilkan.

"Kecamatan Lalan memang diperlukan pengawasan yang ketat mengingat disana sering terjadi kecelakaan karena perairan Lalan dilintasi kapal pengangkut penumpang dan kapal besar perusahaan. Secara prasarana Dishub Muba sudah memiliki dua dermaga di Kecamatan Lalan yaitu di P6 dan P11,"paparnya.(Sof)
ONews

ONews

ONews - Berita hari ini, kabar harian terbaru terkini Indonesia dan dunia. Situs berita terpercaya seputar politik, peristiwa, bisnis, bola, tekno dan gosip artis.

Post A Comment:

1 comments:

  1. Lagi ngerasa hoki?
    ayo coba mainkan kartu mu disini 4j0qq*com
    Sedia deposit pulsa juga (min 20rb)

    ReplyDelete