Walikota Lubuklinggau Siapkan Rumah Sakit Khusus Covid 19

LUBUKLINGGAU oganpost.com- Penyebaran virus corona saat ini semakin mengganas, setiap hari pasien terkonfirmasi positif dan pasien covid meninggal dunia di Kota Lubuklinggau terus bertambah.

Rumah sakit yang ada sudah tak mampu menampung pasien covid, tabung oksigen makin sulit dicari dan  tenaga kesehatan mulai tumbang terpapar virus, hal ini membuat Walikota Lubuklinggau berupaya mendirikan rumah sakit khusus covid 19 di RSUD Petanang.

Penyebaran virus covid 19 di Kota Lubuklinggau semakin mengganas, saat ini kota lubuklinggau masuk kategori zona merah atau daerah beresiko tinggi. Pemerintah kota lubuklinggau dalam waktu dekat akan menyiapkan rumah sakit khusus covid 19 di  rsud maha prana di kelurahan petanang. Pendirian rumah sakit khusus ini akan dikoordinasikan terlebih dengan aparat penegak hukum dan BPKP terkait anggaran agar tidak menimbulkan persoalan hukum dikemudian hari.

Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe mengatakan, upaya pemerintah kota lubuklinggau dalam waktu dekat dan secara bertahap rsud petanang telah dilakukan survei dan kajian untuk dijadikan rumah sakit rujukan covid 19. 
Dikatakan Walikota, hingga saat ini pemerintah kota lubuklinggau terus mengupayakan anggaran untuk rehab ringan dan rehab berat pada rsud petanang, yang nantinya akan dilaksanakan oleh dinas pupr, dan persiapan kelengkapan medis yang dilakukan oleh dinas kesehatan.   

Saat ini Pemerintah Kota Lubuklinggau sedang melakukan upaya minta pendapat hukum dari bpkp dan aparat penegak hukum yakni kajari dan polres lubuklinggau, sehingga kegiatan tersebut nantinya tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari. 

Walikota menjelaskan bahwa kota lubuklinggau saat ini sudah masuk kategori zona merah dan juga keterisian tempat tidur atau bor disemua rumah sakit yang ada dilubuklinggau sudah penuh sehingga masyarakat yang membutuhkan pelayanan diluar covid 19 terganggu .

Walikota juga menerangkan bahwa masyarakat saat ini membutuhkan oksigen dan bergejala yang harusnya dirawat dirumah sakit, namun karena rumah sakit sudah tidak tertampung sehingga mereka terpaksa melakukan isolasi mandiri dengan segala keterbatasan yang ada.

Dalam mewujudkan itu, Walikota berkomitmen  pemerintah akan berusaha dengan maksimal dan dalam waktu secepat mungkin bekerja siang dan malam untuk menyelesaikan rumah sakit khusus covid 19 tersebut dalam waktu satu bulan akan selesai, dan apabila proses pendapat hukum cepat maka akan segera dikerjakan.

Walikota juga menerangkan bahwa  bersama dirinya dan kapolres  diikuti dinkes meninjau kesiapan Rumah Sakit Siti Aisyah membuat ruang isolasi covid khusus ibu hamil yg bisa menampung 8 pasien.

Walikota  meminta agar direktur rumah sakit utk membuka kembali ruang isolasi dan segera merekrut dokter dan perawat utk menunjang operasional penambahan ruang tersebut.

Nanan mengakui  saat ini byk sekali tenaga kesehatan  yg terpapar shg kesulitan bagi rumah sakit yang ada di kota lubuklinggau  utk menambah ruang/tempat tidur utk pasien covid.
Nanan juga minta bantuan tenda darurat tni  dan telah  terpasang 2 unit di rs siti aisyah  dan rencananya  2 unit lg akan di pasang di rsud petanang  tenda dari  brimob petanang.

Tetapi dlm upaya ini seharusnya diikuti dgn kesadaran masyarakat yg tinggi juga utk mengikuti prokes yg selalu disosialisasikan pemerintah.(SMSI Lubuklinggau)

1 comment:

  1. Anda ahli dalam bermain k4rtu ?
    tunjukkan keahlianmu di sini 202.95.10.93 (Aj0kiukiu)
    Sedia deposit pulsa juga (min 20rb)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.