Beasiswa Terbaik Pertamina Sobat Bumi Hadir untuk Mahasiswa dari 38 Kampus


JAKARTA - PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation menyelenggarakan program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi yang fokus menciptakan SDM cerdas, terampil, ramah lingkungan dan unggul dalam persaingan global. Beasiswa ini merupakan pelaksanaan dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN di bidang pendidikan.  

"Beasiswa Pertamina Sobat Bumi menjadi salah satu bentuk komitmen Pertamina dalam menjalankan program TJSL BUMN melalui Pertamina Foundation untuk membentuk SDM yang mampu menjawab visi pemerintah Indonesia Emas 2045,"ungkap Erry Sugiharto Direktur SDM PT Pertamina (Persero) pada acara launching beasiswa, Rabu (16/03). 

 

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2022 dibuka pendaftarannya pada 17 Maret hingga 17 April 2022 untuk mahasiswa dari 38 kampus mitra.Dalam beasiswa ini, para penerima akan mendapatkan banyak manfaat di antaranya bantuan biaya SPP, biaya hidup bulanan mahasiswa, dan kesempatan mengikuti rangkaian kegiatan pembelajaran serta pembentukan karakter melalui kegiatan peningkatan kapasitas dan green action bertajuk Aksi Sobat Bumi. 

 

"Tahun ini, Beasiswa Pertamina Sobat Bumi akan lebih fresh sekaligus challenging, di mana akan ada beberapa inovasi perubahan mulai dari proses pembaharuan website, tahapan wawancara, capacity building pendaftar dan penerima beasiswa, Aksi Sobat Bumi 2022, dan adanya reward untuk penerima beasiswa/SOBI berprestasi," tambah Agus 

 

Persyaratan bagi calon penerima antara lain merupakan mahasiswa aktif, berkuliah di kampus mitra Pertamina Foundation, IPK >3,00 dari 4,00, tidak sedang mendapatkan beasiswa dari pihak manapun, aktif mengikuti organisasi/kegiatan sosial kemasyarakatan/lingkungan hidup, tidak pernah terlibat penyalahgunaan obat terlarang/narkoba, dan tindakan kriminal lainnya. Selain itu, calon penerima wajib membuat karya tulis dengan tema "Peduli dan Beraksi Mengurangi Pemanasan Global" dengan ketentuan minimal 3 halaman quarto spasi 1,5. 

 

Jenis beasiswa yang ditawarkan terbagi menjadi tiga, yaitu Beasiswa S1 Reguler, Beasiswa S1 Afirmasi Daerah Operasi, dan Beasiswa Vokasi untuk Diploma/ S1 

 

Daftar nama kampus mitra dalam program Beasiswa Pertamina SOBI S1 Reguler di antaranya: 

  1. Institut Teknologi Sepuluh November 
  2. Institut Pertanian Bogor 
  3. Institut Teknologi Bandung 
  4. Institut Teknologi Sumatera 
  5. Universitas Pertamina 
  6. Universitas Sumatera Utara 
  7. Universitas Sriwijaya 
  8. Universitas Syiah Kuala 
  9. Universitas Hasanuddin 
  10. Universitas Pattimura 
  11. Universitas Gadjah Mada 
  12. Universitas Indonesia 
  13. Universitas Diponegoro 
  14. Universitas Brawijaya 
  15. Universitas Airlangga 
  16. Universitas Sebelas Maret 
  17. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 
  18. Universitas Singaperbangsa 
  19. Universitas Cenderawasih 
  20. Universitas Udayana 
  21. Universitas Papua 

 

Sedangkan untuk mitra dalam jenis Beasiswa Afirmasi antara lain: 

  1. Universitas Riau 
  2. STAI Tuanku Tambusai  
  3. STAI Sultan Syarif Hasyim Siak  
  4. Universitas Pasir Pengaraian 
  5. Universitas Islam Riau 
  6. Universitas PGRI Ronggolawe 
  7. Universitas Sunan Bonang  
  8. Institut Teknologi Kalimantan 
  9. Universitas Balikpapan 
  10. STT Migas Balikpapan 
  11. Universitas Singaperbangsa Karawang 
  12. Universitas Wiralodra 

 

Jenis beasiswa yang terakhir yaitu Beasiswa Vokasi dengan mitra kampus sebagai berikut: 

  1. Akamigas Balongan  
  2. Politeknik Negeri Cilacap  
  3. Politeknik Negeri Fak-Fak  
  4. Politeknik Negeri Kupang 
  5. Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong 

 

"Beasiswa Pertamina Sobat Bumi berkiprah sejak tahun 2011 dan telah memberikan beasiswa kepada 2.958 putra putri terbaik dari seluruh Indonesia. Tahun lalu saja, penerimanya mencapai 381 mahasiswa dari total pendaftar sebanyak 13.351 orang yang tersebar di 38 universitas di Indonesia," kata Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari. 

 

Erry Sugiharto mengapresiasi kiprah Beasiswa Pertamina Sobat Bumi dan mempunyai pesan untuk generasi muda,"Jangan pernah lelah untuk terus berkreasi, tantangan akan menjadi peluang besar untuk mengembangkan diri dan siap bersaing dalam perkembangan teknologi 4.0 dan society 5.0. Terus berkreasi dan beraksi untuk kemajuan Indonesia,"ungkap Erry.(rilis Media Communication of Pertamina Foundation)

No comments

Powered by Blogger.