Siaga Karhutla Dandim 0402/OKI Bersama Forkopimda OKI Gelar Apel Kesiapsiagaan

OKI KAYUAGUNG oganpost.com-Dandim 0402/OKI bersama Forkopimda Kabupaten Ogan Komering Ilir hadiri Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Karhutla dan Gladi Simulasi Tanggap Darurat Penanganan Karhutla tahun 2022, bertempat di Lapangan Sepak Bola PT Buluh Cawang Plantations (BCP) Desa Sukamulya Kec. Lempuing Kab. OKI, Rabu (30/03/2022).

Melalui apel siaga yang digelar di Kebun PT Buluh Cawang Plantation (BCP) Kecamatan Lempuing pada Rabu, (30/3) Wakil Bupati OKI H M Dja’far Shodiq mengajak seluruh Anggota Satuan Tugas Penanganan Darurat Bencana Karhutlah untuk bersinergi melaksanakan penanganan darurat bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah OKI.

"Potensi ancaman karhutla yang kita hadapi dari tahun ke tahun memiliki eskalasi dan karakter yang berbeda-beda disebabkan kondisi lahan, cuaca dan iklim, untuk itu saling sinergi, kolaborasi dan kerjasama yang baik yang dapat kita lakukan untuk upaya pencegahan, penanganan dan penanggulangan, disamping edukasi kepada masyarakat luas,"kata Shodiq.

Dirinya meyakini sinergisitas dari seluruh stakeholder baik pemerintah,TNI-POLRI, lembaga usaha, masyarakat, akademisi dan media dapat mewujudkan komitmen bersama yaitu OKI Bebas Kabut Asap di tahun 2022,Wabup Shodiq juga  menegaskan manajemen tanggap darurat serta kemampuan dalam melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana secara cepat dan tanggap harus selalu ditingkatkan. 

“Tidak kalah penting juga lakukan edukasi  kepada masyarakat secara persuasif dan terukur,"Selain bencana alam baik kebakaran hutan dan lahan serta bencana banjir, saat ini kita juga menghadapi bencana non alam berupa pandemi COVID-19,hal ini membuat penanggulangan antara keduanya harus tetap berjalan dengan seimbang, yang mengharuskan kita bekerja cepat, inovatif, dan juga berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait,"jelasnya.

Sementara Komandan Kodim 0402/OKI Letkol INF Hendra Saputra SSos MM MIPol mengatakan upaya penanggulangan bahaya karhutla di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir, pihaknya terus bersosialisasi secara masif serta menghimbau masyarakat maupun pihak perusahaan tentang bahaya karhutla sejak dini.

Dalam menunjang aksi yang dilaksanakan, selain siagakan personel, Kodim Kodim 0402/OKI juga menyiapkan sarana dan prasarana, diantaranya sepeda motor dinas untuk menyisir wilayah yang sulit dijangkau, sehingga bisa bergerak cepat ke lokasi untuk segera dilakukan pemadaman,"Penanggulangan bahaya karhutla melalui upaya pencegahan memerlukan langkah nyata dari semua stakeholders yang terlibat. Baik itu pemerintah daerah, TNI/Polri, swasta dan masyarakat OKI agar terbebas dari kabut asap,"ungkapDandim.(Aziz/SMSI OKI)

No comments

Powered by Blogger.