iklan

7 Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan, Apa Saja?


Buah naga adalah buah yang memiliki bentuk unik dengan rasa manis dan bertekstur renyah. 
Keunikan lain dari buah naga ada pada warna daging buahnya yang bisa berwarna merah muda atau putih. Termasuk ke dalam keluarga spesies kaktus, buah naga mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, buah naga juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral penting yang dapat menyehatkan seperti magnesium, vitamin A dan vitamin C. Lantas, apa saja kandungan nutrisi dan manfaat kesehatan buah naga bagi tubuh?

Kandungan nutrisi buah naga

Dilansir dari Medical News Today, berikut ini adalah kandungan nilai gizi dalam satu buah naga menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA): 

  • Kalori : 60 
  • Protein : 1,18 gram 
  • Lemak : 0 gram 
  • Karbohidrat : 12,94 gram 
  • Serat makanan : 2,9 gram 
  • Gula (total) : 7,65 gram
  • Kalsium : 18 miligram 
  • Besi : 0,74 gram 
  • Natrium : 0 miligram 
  • Vitamin C : 2,5 miligram
  • Kolesterol : 0 miligram 

Menurut peneltian yang dimuat dalam World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences menyebut beberapa nutrisi yang ada di dalam buah naga, antara lain sebagai berikut:

  • magnasium
  • fosfor
  • kalium
  • vitamin a
  • vitamin c
  • zinc

Manfaat kesehatan buah naga

1. Kaya akan antioksidan

Dikutip dari Healthline, radikal bebeas merupakan molekul yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel di dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan penyakit serius.

Untuk menangkal radikal bebas, Anda dapat mengkonsumsi buah naga yang kaya akan antioksidan.

Antioksidan dapat menetralkan radikal bebas, sehingga dapat mencegah kerusakan sel-sel pada tubuh.

Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti kanker, diabetes, radang sendi dan penyakit jantung.

2. Kaya akan serat

Buah naga merupakan makanan yang memiliki kandungan serat yang sangat baik, sehingga buah naga baik untuk kesehatan pencernaan. Selain itu, serat juga dapat berperan melindungi tubuh dari penyakit jantung, mengontrol diabetes tipe 2, menjaga berat badan dan mencegah kanker usus besar.

3. Menyehatkan usus

Kandungan prebiotik dalam buah naga dapat meningkatkan keseimbangan bakteri baik di dalam usus. Prebiotik adalah jenis serat yang dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus Anda. Menngkosumsi makanan yang mengandung prebiotik secara teratur dapat mengurangi risiko infeksi saluran pencernaan, diare, meredakan gejala penyakit radang usus dan kanker usus besar.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh 

Buah naga mengandung vitamin C dan karotenoid yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan. Sel darah putih berperan dalam sistem kekebalan karena dapat menyerang dan menghancurkan zat berbahaya yang memasuki tubuh. 

Namun, sel darah putih lemah terhadap radikal bebas. Buah naga memiliki antioksidan kuat, vitamin C dan karotenoid yang dapat menetralkan radikal bebas, sehingga dapat memlindungi sel darah putih dari bahaya.

5. Mengandung zat besi

Zat besi berperan penting dalam proses distribusi oksigen ke seluruh tubuh, selain itu juga memiliki peran dalam memecah makanan menjadi energi. Buah naga merupakan salah satu dari sedikit buah yang mengandung zat besi.

6. Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke 

Magnesium memiliki peran penting untuk memecah makanan menjadi energi, kontraksi otot, pembentukan tulang dan bahkan pembuatan DNA. Berberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan magnesium yang tinggi dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

7. Mencegah penyakit 

Dilansir dari Verywell Fit, kandungan vitamin C dalam buah naga dapat meningkatkan penyembuhan luka dan dapat mencegah penyakit.

Alergi buah naga 

Terdapat beberapa laporan yang menunjukkan adanya reaksi alergi setelah mengkonsumsi buah naga atau dalam bentuk jus buahnya. Gejala yang dilaporkan berupa gatal, kulit merah bengkak, bengkak di sekitar mulut, dan gatal parah. 
Bagi orang yang mencurigai adanya alergi terhadap buah naga dapat segera berkonsultasi kepada penyedia layanan kesehatan agar dapat didiagnosis dengan tepat. Nah itulah sejumlah manfaat kesehatan dari buah naga. (KOMPAS.com)


No comments

Powered by Blogger.