7 Olahraga Mengecilkan Perut, Bisa Dilakukan Sambil Tiduran

      Olahraga mengecilkan perut. Foto: Dok. Istock.

Jakarta - Ingin konsentrasi pada olahraga mengecilkan perut? Mungkin bisa mencoba beberapa olahraga mengecilkan perut di bawah ini.

Mungkin banyak wanita yang mencari gerakan olahraga mengecilkan perut agar cepat terlihat langsing. Meski sebenarnya tak ada yang khusus namun beberapa wanita masih percaya olahraga mengecilkan perut bisa membuat mereka lebih semangat latihan.

Jika memang olahraga mengecilkan perut bisa membuatmu lebih banyak bergerak maka lakukanlah. Kamu bisa mencoba beberapa olahraga mengecilkan perut dengan gerakan fokus pada otot sekitar perut.

Mengutip dari Healthline, berikut olahraga mengecilkan perut yang bisa kamu coba di rumah. Beberapa gerakan olahraga mengecilkan perut memang dilakukan sambil tiduran lho:

1. Pilates Hundred

                                                Olahraga mengecilkan perut. Foto: Dok. Istock.

Salah satu olahraga mengecilkan perut yang bisa kamu coba adalah pilates hundred. Olahraga mengecilkan perut ini menargetkan otot perut bagian dalam sehingga membantumu lebih cepat langsing.

Gerakan olahraga mengecilkan perut, pilates hundred, dilakukan sambil tiduran di atas matras yoga. Kemudian angkat kedua kaki ke atas dengan tubuh membentuk 90 derajat.

Setelah itu, tekuk lutut seperti sedang di letakkan di atas meja. Angkat dada dan punggung bagian atas untuk melatih otot perut. Pompa lengan atas ke bawah sambil menahan dada dan leher agar tidak menyentuh lantai. Ulangi 2 atau 3 kali.

2. Scissor Switch

                                                Olahraga mengecilkan perut. Foto: Dok. Istock.

Olahraga mengecilkan perut selanjutnya bisa mencoba gerakan scissor switch. Cara melakukan olahraga mengecilkan perut ini dengan telentang di atas matras yoga.

Kemudian letakkan kedua tangan di belakang kepala. Angkat kedua kaki ke atas dan gerakan naik-turun bergantian (kanan dan kiri) sehingga posisinya membentuk seperti gunting. Ulangi 20 kali.

3. Jackknife Crunch

                                                Olahraga mengecilkan perut. Foto: Dok. Istock.

Jackknife crunch merupakan latihan melantai yang melibatkan perut bagian bawah. Gerakan olahraga mengecilkan perut ini mungkin terasa sederhana pada awalnya tapi setelah beberapa repetisi, kamu akan merasakan bagaimana mereka mengencangkan bagian perutmu.

Cara melakukannya dengan berbaring telentang di atas matras yoga. Kemudian luruskan tangan dan kaki. Angkat keduanya bersamaan dengan posisi lurus saling berlawanan sehingga telapak tangan menyentuh bagian lututmu. Ulangi 20 repetisi.

4. HIIT

                                                 Olahraga mengecilkan perut. Foto: Dok. Istock.

HIIT juga menjadi salah satu olahraga mengecilkan perut yang ampuh menurut sains. Berdasarkan penelitian, orang dewasa yang berpartisipasi dalam olahraga mengecilkan perut, HIIT, tiga kali seminggu melihat hasil yang sama dengan orang yang melakukan sesi kardio sedang selama 30 menit setiap hari.

Pelatih selebriti dan ahli nutrisi Jillian Michaels mengatakan bahwa melakukan berbagai latihan yang menggabungkan kardio, kekuatan, dan otot inti pada akhirnya akan membantumu mengurangi lemak tubuh, terutama pada area perut.

"Saya penggemar berat latihan yang berfokus pada inti tapi melatih beberapa kelompok otot secara bersamaan dengan komponen HIIT untuk menambah pembakaran kalori," kata Michaels seperti dilansir dari Preventions.

5. Mountain Climbers

                                                Olahraga mengecilkan perut. Foto: Dok. Istock.

Satu lagi olahraga mengecilkan perut yang bisa rutin dilakukan di rumah adalah mountain climbers. Lakukan gerakan olahraga mengecilkan perut ini dengan posisi seperti push-up. 

Kemudian gerakan kedua kaki seperti berlari secara bergantian kiri dan kanan. Ulangi 20 kali repetisi.

6. V-up

                                                Olahraga mengecilkan perut. Foto: Dok. Istock.

Jika kamu menyukai olahraga mengecilkan perut yang lebih tenang juga bisa menambahkan gerakan V-up. Cara olahraga mengecilkan perut ini dengan berbaring telentang kemudian rentangkan tangan di belakang kepala.

Kaki tetap rapat dan jari-jari meruncing. Jaga agar kaki tetap lurus, angkat dan pada saat yang sama angkat tubuh bagian atas dari lantai. Turunkan kembali dirimu ke posisi semua. Ulangi 20 repetisi.

7. Side Plank

                                                 Olahraga mengecilkan perut. Foto: Dok. Istock.

Lakukan side plank yang menjadi salah satu olahraga mengecilkan perut. Berbaringlah menghadap kanan di atas matras yoga. Kemudian seimbangkan berat badan pada lengan dan kaki kanan.

Angkat pinggung ke udara membentuk garis lurus dari pundak hingga kaki. Sambil menjaga tubuh tetap stabil, angkat kaki kiri tanpa menekuk lutut. Lakukan selama 15 detik lalu kembali ke posisi awal. Ulangi 20 repetisi.

Apa kamu sudah menjalani olahraga mengecilkan perut di atas?(detik.com)


No comments

Powered by Blogger.