KSSK : Stabilitas Sistem Keuangan Normal, Tapi Tetap Waspada


JAKARTA-Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati selaku Ketua Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) mengatakan bahwa stabilitas sistem keuangan Indonesia masih dalam kondisi yang normal, meski adanya ancaman geopolitik perang antara Rusia dan Ukraina.

Hal tersebut dikatakan Sri Mulyani saat konferensi pers virtual KSSK, Rabu (13/4/2022),“Stabilitas sistem keuangan Indonesia berada dalam kondisi normal di tengah tekanan eksternal yang meningkat akibat perang di Ukraina,”kata Sri Mulyani.

Menurut Sri Mulyani stabilitas sistem keuangan Indonesia dicerminkan beberapa indikator yang menunjukkan tren perbaikan, salah satunya kondisi pemilihan ekonomi yang makin membaik, pasca mendapatkan tekanan pandemi Covid-19. 

Selain itu penurunan kasus dan penanganan Covid-19 yang baik diikuti oleh pelonggaran pembatasan kegiatan masyarakat yang akhirnya semakin mendorong kegiatan perekonomian dalam negeri,"Pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan tetap kuat yang didukung oleh kegiatan konsumsi masyarakat atau rumah tangga, kegiatan investasi, serta dukungan belanja pemerintah," katanya.

Indikator stabilitas sistem keuangan turut tercermin dari kinerja ekspor yang mengalami peningkatan sangat signifikan.

Sri Mulyani menuturkan peningkatan ekspor itu akan tetap diwaspadai seiring perkembangan perdagangan global dan pertumbuhan ekonomi global yang terancam akibat perang di Ukraina.

Sejumlah indikator ekonomi hingga awal Maret 2022 juga tercatat baik seperti indeks keyakinan konsumen, penjualan eceran, pertumbuhan penjualan kendaraan bermotor, konsumsi semen dan konsumsi listrik.

“Tetap akan harus diwaspadai dengan adanya perkembangan perdagangan ekonomi global dan juga pertumbuhan ekonomi global yang terancam akibat terjadinya perang di Ukraina,” ujar Sri Mulyani.

Sri Mulyani merasa perbaikan ekonomi global akan mengalami tekanan lebih rendah dari proyeksi sebelumnya, disertai volatilitas pasar keuangan yang meningkat seiring dengan eskalasi dari perang Rusia dan Ukraina. (suara.com)


No comments

Powered by Blogger.