Harga Sayuran dan Telur Melonjak Tajam di Sejumlah Pasar Jakarta

Harga sayuran di sejumlah pasar Jakarta naik tajam. Cabai misalnya, naik dari Rp80 ribu jadi Rp120 ribu per kg. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).

JAKARTA -- Harga sayuran dan telur melonjak di sejumlah pasar Jakarta. Di Pasar Santa, Jakarta Selatan misalnya, harga telur naik dari Rp25 ribu kg menjadi Rp28 ribu per kg dibandingkan pekan lalu. Untuk brokoli dibanderol, harga naik dari Rp30 ribu menjadi Rp40 ribu per kg. Sayur kol menyentuh Rp16 ribu per kilogram per kg.

Biasanya sayuran tersebut dijual Rp10 ribu per kg. Selanjutnya, sawi hijau dibanderol rata-rata Rp16 per kg naik atau naik dari Rp10 ribu per kg. Kenaikan harga sayuran juga terjadi di Pasar Warung Buncit, Jakarta Selatan. Di sini harga brokoli naik dari Rp15 ribu jadi Rp30 ribu per kg.

Kemudian, sawi putih naik dari Ro12 ribu menjadi Rp16 ribu per kg. Lalu, sayur kol dipatok Rp16 ribu atau naik dari Rp12 ribu per kg. Kenaikan harga tidak hanya terjadi di telur dan sayuran, tetapi juga bahan pokok lainnya selama sepekan terakhir.

Di Pasar Santa misalnya, cabai merah dihargai Rp120 ribu per kg naik dari Rp80 ribu. Harga tomat juga naik dari Rp15 ribu per kg ke Rp25 ribu per kg.

Bawang merah juga naik dari Rp40 ribu per kg ke Rp70 ribu per kg. Sementara bawang putih tetap di level Rp40 ribu. Di pasar Warung Buncit, cabai merah dipatok Rp90 ribu per kg dari Rp80 ribu per kg. Bawang merah melesat dari Rp40 ribu ke Rp60 ribu. 

Kemudian, tomat naik dari Rp15 ribu ke Rp25 ribu. Ayam naik dari Rp35 ribu per kg ke Rp40 ribu per kg.

Kenaikan harga bahan pokok juga ditemukan oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat berkunjung ke Pasar Cibubur. Di pasar itu, ia mendapat banyak keluhan dari baik pedagang maupun masyarakat soal harga bahan pokok yang naik semua.

Untuk cabai merah misalnya, ia mendapat keluhan bahwa harganya melesat dari Rp80 ribu menjadi Rp100 ribu per kg. Kemudian, telur dari Rp26 ribu naik ke Rp29 ribu per kg. Ayam dari Rp21 ribu naik ke Rp26 ribu per kg. Zulkifli mengaku shock alias kaget melihat kenaikan itu.

"Saya terus terang shock juga karena pembelinya ngeluh, yang jual juga ngeluh. Terasa sekali memang beban hidup itu meningkat," ujar Zulkifli di Pasar Cibubur, Kamis (16/6).(CNN indonesia)


No comments

Powered by Blogger.