Penurunan Pasokan Angkat Harga Minyak Dunia

Harga minyak dunia menguat tipis pada perdagangan awal pekan kemarin akibat terangkat penurunan pasokan. (iStock/bomboman).

JAKARTA -- Harga minyak mentah dunia naik tipis pada penutupan Senin (13/6) sore waktu AS.Melansir Antara, harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Agustus dipatok naik 0,2 persen ke US$122,27 per barel. Sementara harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli naik 0,2 persen ke posisi US$120,93 per barel.

Pengamat penyebut kenaikan harga minyak dipicu oleh mengetatnya pasokan global yang melebihi kekhawatiran penurunan permintaan akibat meningkatnya kasus covid-19 di Beijing dan kenaikan suku bunga acuan AS.

Pasokan minyak terbatas karena OPEC dan sekutunya tidak dapat memenuhi sepenuhnya peningkatan produksi yang dijanjikan. Hal itu terjadi akibat kurangnya kapasitas di banyak produsen, sanksi terhadap Rusia serta kerusuhan di Libya yang telah memangkas produksi. Minyak telah melonjak karena invasi Rusia ke Ukraina sejak Februari 2022. Pada Maret, Brent mencapai US$133,9 yang menjadi level tertinggi sejak 2008.

Sementara pada Sabtu (11/6), harga rata-rata bensin AS melebihi US$5 per galon untuk pertama kalinya.

Kekhawatiran tentang kenaikan suku bunga yang menunjukkan indeks harga konsumen naik 8,6 persen bulan lalu dan menekan harga minyak lebih rendah. Penasihat ekonomi Francesco Giavazzi mengatakan bahwa kenaikan suku bunga Bank Sentral Eropa bukanlah cara yang tepat untuk menahan lonjakan kenaikan harga-harga.(CNN indonesia)


No comments

Powered by Blogger.