Pemkab OKI Sediakan Bus Sekolah, Pelajar Bisa Naik Gratis


OGAN KOMERING ILIR oganpost.com -- Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menyediakan bus antar jemput sekolah gratis bagi pelajar di Kecamatan Sirah Pulau Padang dan Jejawi OKI. Kehadiran bus sekolah bantuan Kementrian Perhubungan melalui aspirasi Anggota Komisi V DPR RI, Hanna Gayatri itu disambut dengan gembira dan penuh suka cita warga sekitar. Selain mengurangi biaya yang harus dikeluarkan orang tua untuk ongkos angkutan. 

Kehadiran bus sekolah tentunya semakin mempermudah dan juga aman bagi akses pelajar pergi dan pulang sekolah.

“Kehadiran bus sekolah ini penting untuk memotivasi pelajar dalam menuntut ilmu, tentunya dengan angkutan yang nyaman dan aman mereka akan semangat belajar,” Terang Bupati OKI, Iskandar saat melaunching bus sekolah gratis di Kecamatan Jejawi OKI, Senin, (28/11).

Selain ringankan biaya bagi orang tua, terang Iskandar bus juga untuk mengurangi resiko kecelakaan lalulintas. 

Iskandar berharap bus gratis tersebut bisa bermanfaat dan membuat anak-anak bisa lebih rajin lagi sekolah.

“Ini harus dijadikan motivasi dan menambah semangat adik-adik bersekolah. Semoga ini dapat berdampak dengan peningkatan kualitas pendidikan anak-anak kita,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten OKI, Antonio Ramadhan menjelaskan, bus sekolah ini beroperasi pada rute Simpang Terusan Menang SP. Padang menuju SMP 4 Jejawi dengan melewati 5 sekolah antara lain; SMP 1 Sirah Pulau Padang, SMKN 1 Jejawi, SMP 1 Jejawi, SMAN 1 Jejawi dan SMPN 4 Jejawi.

“Untuk pagi titik kumpul di Simpang Terusan Menang mulai pukul 06.00 WIB. Kemudian dilanjutkan siang dan sore hari untuk mengangkut anak-anak yang pergi dan pulang sekolah. Satu hari, bus sekolah beroperasi dua kali, disesuaikan dengan kebutuhan anak sekolah yang akan dibawa. Kita harapkan kehadiran bus sekolah ini memberikan manfaat,” ujar Anton.

Sementara Duta Keselamatan Lalu lintas Kabupaten OKI, Alki Ardhiansyah Iskandar mengapresiasi bantuan bus angkutan gratis bagi pelajar karena pelajar merupakan target strategis keselematan lalu lintas. 

“Keselamatan lalu lintas bukan hanya kewajiban pemerintah tapi butuh dukungan edukasi dari keluarga, dan lingkungan sekolah”Jelas Alki.

Melihat antusias masyarakat Anggota Komisi V DPR RI, Hana Gayatri akan mengusulkan kembali penambahan bus sekolah ke Kementrian Perhubungan pada 2023 mendatang.

“Tentu sebagai wakil rakyat kami bangga bisa membantu meringankan beban masyarakat,” terang dia. Hanagayatri juga berharap agar bantuan ini dapat  berkelanjutan.

No comments

Powered by Blogger.