Kasdim 0402/OKI Tinjau Lokasi Penanaman Pohon Mangrove di Air Sugihan

OGAN KOMERING ILIR oganpost.com -- Dalam agenda Komandan Kodim 0402/OKI yang diwakili Kepala Staf Kodim 0402/OKI Mayor Czi Saipul Anwar meninjau Lokasi Penanaman Pohon Mangrove bertempat di Desa Sungai Batang Kecamatan Air Sugihan Kabupaten OKI, Jumat (3/03/2023)

Pada kesempatannya Kasdim 0402/OKI menjelaskan bahwa Hutan Mangrove merupakan sumber yang sangat jelas untuk menjaga Ekosistem perairan antara laut, pantai, dan darat.

Penanaman pohon mangrove ini bertujuan untuk penghijauan dan pencegahan abrasi pantai,"Selain itu manfaat hutan mangrove dapat membantu manusia dalam mendapatkan iklim dan cuaca yang paling nyaman untuk mencegah terjadinya bencana alam," kata Kasdim.

Menurutnya lokasi tanam mangrove tersebut termasuk salah satu wilayah darurat abrasi dan pemetaannya melibatkan pihak dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

"Sengaja kita pilih lokasi itu setelah dibandingkan dengan kawasan lain, daerah itu paling darurat abrasi. Bahkan warga sekitar mengatakan keberadaan rawa itu semakin bergeser," ucapnya.

Ia menambahkan agenda 15 Maret akan dipimpin langsung oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang berlangsung secara virtual se-Tanah Air.

Direncanakan nantinya akan menanam sebanyak 1.900 bibit mangrove di kawasan rawa dalam upaya mencegah abrasi pantai daerah itu dan penanamannya akan bermitra dengan PT OKIPULP serta kelompok masyarakat setempat dikarenakan PT OKIPUlP sudah terbukti dan sukses menanam mangrove seluas 67 HA yang saat ini sedang berusia tanam 3 tahun.

Hadir dalam kegiatan peninjauan lokasi Danramil 402-14/Air Sugihan Kapten Inf Priyanto, Pasiops Kodim 0402/OKI Kapten Inf Ade Webysana, Dinas Kehutanan Provinsi, Bpk Sigit,  Manajemen PT OKIPULP Bpk Gadang, kelompok pembibitan mangrove Desa setempat, serta Anggota Babinsa Air Sugihan.(red/ziz)

No comments

Powered by Blogger.