Jalan Danau Cala Rusak Berat

MUBA ogan post.com-Jalan menuju desa Danau Cala Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) butuh perhatian pemerintah,pasalnya kurang lebih 6 kilometer menuju desa Danau Cala belum tersetuh pembangunan jalan,sehingga jika dimusim penghujan,nyaris kendaraan bermotor Roda Dua (R2) dan mobil tidak dapat melintas akibat jalan berlumpur dan rusak berat bahkan nyaris terisolir

Salah satu warga desa Danau Cala, Ain (53) kepada wartawan kamis(19)mengatakan akibat kerusakan jalan di desa Danau Cala, sejumlah kendaraan khususnya pengangkut hasil pertanian warga setempat mengalami kesulitan untuk melintas.Padahal sejak lama warga di sana sudah berharap agar Pemerintah melakukan perbaikan jalan guna memperlancar arus transportasi desa.

"Jika musim penghujan warga sulit melintas terutama kendaraan Roda Dua (R2), karena kondisi jalan yang sudah memprihatinkan,sehingga pengguna jalan harus ekstra berhati-hati bila mengangkut hasil pertanian untuk melintasi jalan itu,"ujarnya.

Lanjut dia,Jalan yang merupakan satu-satunya akses menuju desa Danau Cala Kecamatan Lais ini sudah belasan tahun belum tersetuh pembangunan.,masyarakat mendesak pihak Pemkab melalui Dinas Bina Marga Kabupaten Musi Banyuasin segera merealisasikan perbaikan jalan yang saat ini kondisinya sudah sangat memprihatinkan,sangat sulit dilalui kendaraan bermotor terutama dimusim penghujan.

“Kami meminta pihak DPRD Muba untuk mendesak SKPD terkait dalam hal ini PU Bina Marga Muba mengusulkan perbaikan jalan sekaligus mengesahkan anggaran pembangunan jalan desa Danau Cala. Pasalnya sudah belasan tahun jalan kami belum dibangun,”paparnya.

Senada dikatakan Slamat (35) warga Dusun I Desa Danau Cala, Untuk mendukung aktifitas warga dalam bekerja perlu adanya sarana dan prasarana yang memadai,seperti pembangunan infrastruktur jalan agar warga dalam melakukan aktifitas bisa berjalan lancar, khususnya prasarana jalan yang berada di Desa Danau Cala,Kecamatan Lais, sebagian sudah dirabat beton.

Dirinya menjelaskan, jalan poros desa sepanjang sekitar 9 KM,aktifitasnya semakin padat, kegiatan perekonomian warga semakin hari selalu menunjukan tren peningkatan.dikatakan dia, memang sebagian sudah dirabat beton pada tahun sebelumnya,”Kita berharap pada tahun 2015 ini dilanjutkan pembangunan rabat beton yang sudah perna dibangun sehingga kondisi jalan lebih memungkinkan untuk dilewati,”cetusnya.

Sementara itu, kepala desa Dana Calau Nazaruddin saat dimintai keterangan terkait permasalahan itu, membenarkan kondisi jalan yang belum selesai. Corbeton yang sudah dilakukan pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui PU Bina Marga baru dikerjakan didalam desa pada tahun lalu.

Tambah dia,kurang lebih 6 kilometer lagi, kondisinya masih jalan tanah dan dimusim penghujan nyaris berlumpur. Hal ini membuat dirinya cukup menghawatirkan warganya selaku pengguna jalan yang akan berlalu lalang membawa hasil pertanian.

“Kami mengharapkan pemerintah dapat melanjutkan penyelesaian pembangunan jalan tersebut sehingga warga desa Danau Cala dapat menikmati pembangunan yang sudah diprogramkan dan dicanangkan Pemerintah khususnya pemkab Muba,” jelasnya.

Dengan distopnya pembangunan maka jalan yang sudah diperbaiki menjadi semakin parah, baik pada musim kemarau apalagi dalam musim penghujan,”Dengan demikian pelaksanaan pembangunan jalan dalam desa Danau Cala yang sudah dilaksanakan dalam beberapa tahap itu hendaknya dapat diselesaikan sehingga meski masyarakat yang berada diwilayah terpelosok pun dapat menikmati pembangunan,”ungkapnya.(sof)

1 comment:

Powered by Blogger.