Kesulitan Air Bersih,Warga Manfaatkan Air Kolam

BANYUASIN oganpost.com–Akibat musim kemarau yang berkepanjangan dalam beberapabulan terkahir ini, menyebabkan berbagai permasalahan ditengah-tengah masyarakat. mulai dari kebakaran hutan dan lahan, terganggunya aktifitas belajar di sekolah, hingga warga yang kesulitan untuk mendapatkan air bersih.


Seperti yang terjadi di Desa Sri Kembang Kecamatan Betung hamper sebagian besar warga yang tinggal di desa ini terpaksa menggunakan air kolam yang keruh untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari seperti, mencuci, mandi dan keperluan lainnya,karena semua sumur warga yang ada di desa tersebut, semuanya mengalami kekeringan.

”Kami terpaksa menggunakan air kolam ini, karena sumber air bersih didesa kami sudah kering akibat kemarau ini,airnya kami saring dulu,setelah agak bersih baru bisa digunakan untuk keperluan mandi dan mencuci, tapi tidak untuk di minum,”ungkap Eko (37) warga Desa Sri Kembang, Kecamatan Betung, rabu(14/10).

Dia mengaku, jika warga menggunakan air kolam tersebut sudah berlangsung sejak tiga bulan terakhir,hal ini dikarenakan sumur warga semuanya mengalami kekeringan dan terpaksa menggunakan air kotor tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,sejak sumur warga di sini kering, kami semua memanfaatkan air kolam yang kotor ini, karena tidak ada lagi sumber air bersih lainya,”Kami berharap supaya Pemerintah Kabupaten Banyuasin dapat memasang jaringan air bersih dari PDAM atau membantu air bersih untuk kami disini,” ujarnya.

Keluhan yang sama juga disampaikan oleh, Masitoh (44) warga setempat ,dia mengatakan jika setiap hari dirinya terpaksa harus memanfaatkan air kotor tersebut untuk mencuci pakaian, piring dan mandi,”Mau bagaimana lagi, sebenarnya kami tidak ingin menggunakan air kotor ini, tapi hanya inilah yang ada di desa kami saat ini,karena sumber air lainnya sudah kering akibat kemarau panjang ini,”ungkapnya.(madi)

No comments

Powered by Blogger.