Puskesmas Betung Kota Adakan Pos UKK

                        Para Medis UKK
BANYUASI oganpost.com- Tim medis dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas)Betung Kota, Jum’at (15/1) mendatangi pusat perbelanjaan di pasar pagi betung yang terletak di Kelurahan Rimba Asam Kecamatan Betung, guna untuk memeriksa kesehatan terhadap pedagang, dan pekerja pasar dengan
mendirikan Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) di pasar tersebut.

Pelaksana program UKK Puskesmas Betung Kota Desva (28) menjelaskan, jika program UKK tersebut akan dilakukan setiap bulan, dan dilaksanakan pada setiap minggu kedua, yaitu dengan mendatangi langsung pekerja pada tempat keramaian, seperti pasar pagi betung dan lain sebagainya.

“Untuk bulan pertama ini, kami mendatangi pasar pagi betung, dan hingga saat ini, sudah lebih dari 30 pekerja yang memeriksakan kesehatannya, baik itu pekerja pasar pagi betung ini, maupun pedagang, dan pengunjung pasar,” terangnya.

Dijelaskan Desva, jika sebagian besar masyarakat yang memeriksakan kesehatannya, banyak yang mengaku mengalami ganggunan kesehatan berupa lesu, dan pusing, ada juga yang mengalami lemah darah, serta darah
tinggi.

“Mungkin karena kecape’an, jadi banyak masyarakat yang datang ke sini mengeluhkan pusing, dan lesu, dan ada juga yang mengalami lemah darah, serta ada juga yang mengalami hipertensi,” tambahnya.

Sementara Kepala Unit Pelaksana Teknis (KUPT) Puskesmas Betung Kota dr Indah Deryane menuturkan, jika kesehatan merupakan hak asasi sekaligus merupakan investasi sumber daya manusia yang memiliki kontribusi besar untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Oleh karena itu, menjadi suatu keharusan bagi semua pihak untuk memelihara, meningkatkan, dan melindungi kesehatan, demi kesejahteraan masyarakat Indonesia,karena dalam UU No. 36 tahun 2009 pasal 165 dinyatakan, bahwa upaya kesehatan kerja ditujukan untuk melindungi pekerja agar hidup sehat, dan terbebas dari gangguan kesehatan, serta pengaruh buruk yang diakibatkan oleh pekerjaan,”terangnya.(madi)


No comments

Powered by Blogger.