Bupati OKI Apresiasi Marga Danau Mampu Jaga Tradisi

OGAN KOMERING ILIR oganpost.com-Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, SE mengapresiasi Marga Danau (Pedamaran) karena telah memelihara dan menjaga tradisi kearifan lokal di tengah derasnya modernisasi dan perubahan zaman. 

"Marga Danau adalah benteng terakhir peradaban Suku Panesak. Saya sangat menghargai dirawatnya, dipeliharanya adat, dipeliharanya tradisi, dirawatnya kearifan-kearifan lokal di Pedamaran ini" ujar Iskandar pada peringatan hari jadi ke 259 Marga Danau di Desa Pedamaran III Kecamatan Pedamaran OKI, Rabu, (27/9/2023) malam.

Iskandar yang digelari masyarakat Pedamaran Ndo Barap Pangeran Raksaguna pada 2014 lalu merasa bangga jadi bagian dari keluarga besar marga danau.

"Saya melihat adat, tradisi, kearifan lokal, tata krama tetap dipelihara dan dirawat oleh masyarakat Pedamaran meski  merantau jauh hingga tersebar se Nusantara. Kecintaan akan kampung halaman tidak pernah lekang,"ucap Iskandar.

Upaya pelestarian adat budaya ini ujar Iskandar harus di dukung. Oleh sebab itu  sebagai bentuk dukungan pelestarian dan perlindungan trafidisi lokal pada tahun 2019 Pemkab OKI bersama DPRD OKI telah menetapkan Perda perlindungan gambut dan lebak purun.

"Kita menyepakati peruntukan ruang gambut dijadikan sebagai kawasan budidaya. Salah satunya, gambut yang berada di Lebak Purun Guoh dan Gambalan seluas 857 hektare di Kecamatan Pedamaran,"ujar Iskandar. Kehadiran Perda ini tambah Iskandar sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap kelestarian purun sebagai kearifan lokal masyarakat Pedamaran.

Pada kesempatan itu Masyatakat Marga Danau memberi gelar kehormatan kepada 9 orang tokoh yang dinilai banyak berkontribusi terhadap kelestarian budaya dan kehidupan sosial masyarakat. Salah satu penerima gelar yaitu M. Alki Ardhiansyah Iskandar duta literasi Kabupaten OKI yang diberi mandat gelar Pangeran Iskandar Raksaguna.

Ketua Lembaga Adat Marga Danau, Kitum Sopidin mengatakan peringatan hari jadi ke 259 Marga Danau merupakan ajang menguatkan kembali ikatan kekeluargaan marga danau,"Disini kita berkumpul untuk terus menjaga ikatan silaturahmi, menjaga tradisi yang di wariskan para leluhur marga danau,"ucapnya.

Sopidin juga mengapresiasi dukungan pemerintah terhadap kelestarian adat budaya marga danau,"Dukungan Ndo barap Iskandar Raksaguna terhadap kelestarian adat budaya marga danau sangat kami apresiasi terutama dalam pelestarian purun sebagai bagian dari identitas masyarakat pedamaran,"tuturnya.

Pada kesempatan itu juga di launching gerakan seribu danau dan logo kesatuan marga danau.(Red/Diskominfo OKI)

No comments

Powered by Blogger.