Lapas Tanjung Raja Over Kapasitas

Muhammad Faikhar, SH
OI Indralaya ,oganpost.com - Sebagai tempat penampungan bagi Narapidana (Napi), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIa Tanjung Raja Ogan Ilir (OI) saat ini menampung sebanyak 721 orang.

Lapas yang seharusnya berkapasitas 402 orang tersebut saat ini sudah over kapasitas. Namun, kendati demikian penghuni Lapas terus bertambah hingga mencapai 721 orang, yang berasal dari Kabupaten OKI dan OI serta daerah lainnya di Sumsel.

Ketika dibincangi di ruangannya, Selasa (2/2), Kepala Lapas Tanjung Raja melalui Kepala KPLP Muhammad Faikhar, SH membenarkan hal tersebut, menurutnya saat ini kapasitas Lapas memang sudah penuh namun pihaknya tidak bisa berbuat banyak.

"Kita akui saat ini Lapas kita memang over kapasitas, namun kita tidak bisa berbuat banyak karena hal serupa juga terjadi di Lapas-Lapas lainnya di Sumsel," jelasnya.

Terkait dengan pembinaan para napi, menurutnya saat ini para napi yang ada di LP Tanjung Raja terus dilakukan pembinaan dan bimbingan, yang bekerjasama dengan berbagai pihak.

" Ya, para napi yang ada disini terus kita lakukan pembinaan dan bimbingan, salah satunya adalah bimbingan kerja dan keterampilan sesuai dengan minat dan kemampuan yang mereka miliki, seperti pertukangan dan jasa," tandasnya.

Lanjutnya, selain pelatihan dan bimbingan kerja, para napi juga diberi siraman rohani dan pengetahuan agama yang dibimbing para ustadz yang ada di Tanjung Raja.

"Setiap hari para napi kita beri pengetahuan agama melalui ceramah agama dan tausyiah dari para ustadz, selain itu mereka diajari baca tulis Alqur'an, agar mereka bisa lebih baik lagi apabila kembali ke masyarakat setelah selesai menjalani pembinaan disini (Lapas)," pungkasnya. (arie)

1 comment:

  1. Promo Cashback dengan Bandar Ceme Online Maykop Region Capital Rusia Situs www.pokerrusia.net Melalui Bank QNB Indonesia dengan Kode Bank 167.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.