P3N Dihapus Menjadi Hambatan Masyarakat

Asniwati,Aca Cholik, Suarno dan Abdul Wahab.
PALI,oganpos.com,- Ternyata di Hapusnya Pegawai Pembantu Pencatat Nikah(P3N) diseluruh Indonesia sangat berpengaruh terjadi banyak hambatan masyarakat, hal ini dikatakan oleh beberpa anggota dewan pada selasa( 02/02/2016)yakni Suarno,SE Fraksi Golkar,Abdul Wahap Fraksi PAN, Asniwati Fraksi Gabungan NHB Politisi Hanura, Aca Cholik Darlin,S.Pdi,MM Fraksi PPP- KS(gabungan),Diruang Komisi I DPRD PALI

P3N (Pegawai Pembantu Pencatat Nikah)diambil alih oleh pemerintah Pali melalui kabag kesra agar diperdayakan kembali untuk membantu tugas pemerintah seperti saat ada warga yang akan menikah. Terlihat jelas sejak 2 bulan terakhir P3N dihapus diseluruh Indonesia, terutama dibumi serepat serasan sangat terasa sekali apalagi disaat acara nikah kelihatan kewalahan karna tidak ada pembantu dari pada petugas KUA(Kantor Urusan Agama).

Bukan itu saja,selain tugas biasa akad nikah, P3N juga biasa sangat diperlukan saat ada kematian,serta kegiatan sedekah dusun yang biasanya mereka ini sering dijadikan kholifah atau pemandu saat membaca yasin bersama," terang Cholik.

Makanya selaku dewan akan kami berikan saran maupun masukan kepada pemerintah daerah tentang hal tersebut, seandainya saran kami ini disetujui oleh pemerintah daerah, tentu berdampak membantu warga desa dalam beberapa acara keagamaan," paparnya.

Hal serupa juga dikatakan oleh Suarno,SE anggota DPRD Fraksi Golkar bahwa, dengan adanya pemberdayaan dari pemerintah kabupaten PALI terhadap P3N ini nanti, secara otomatis tugas dari KUA akan terbantu sekali,bahkan lebih akan ringan lagi bilamana hal ini terealisasi apalagi jarak desa jauh dari dari kecamatan, tentu akan sedikit terhambat karena waktu belum lagi kalau ada kendala lainnya.

Ketika mereka para P3N ini dapat diberdayakan oleh pemerintah kabupaten, sangat banyak hal yang bisa dimanfaatkan,saat berbicara mengenai honor mereka nanti bisa saja diambil dari dana APBD PALI, tinggal diatur bagaimana tekhnis pembayaran honor mereka nanti," pungkas Suarno.Demikian juga disampaikan oleh Abdul wahab DPRD asal Kecamatan Abab bahwa sangat terasa sekali dengan tidak adanya P3N saat ini, apalagi jarak jauh untuk menghadiri acara pernikahan misalnya, mereka tidak akan nyaman bila saat menikah dilakukan dibalai. seandainya masih ada P3N disetiap desa bisa dilakukan dirumah warga itu sendiri, maka akan sangat terbantu sekali peranannya dari beberapa acara penting yang ada didesa itu, manfaatnya begitu banyak sekali,"tuturnya.

Seperti dicontohkan olehnya bahwa didesa betung kecamatan abab kabupaten PALI, bahwa peranan dari P3N ini sangat penting karena didesa kita ini menjadi panutan bagi masyarakat disetiap acara.,"tutur Abdul wahab.
Selanjutnya bilamana Pemerintah Kabupaten PALI setuju akan saran maupun usul kami ini, kami sebagai DPRD akan berupaya mengatur agar hal ini agar bisa dibuat perdanya kedepan.
Apalagi dikita PALI ini mayoritas umat islam, sebenarnya P3N ini berdiri untuk menyatukan umat Islam karena P3N ini menguasai adat didaerah masing-masing, yang tau persis daerah atau wilayah desa mereka masing - masing.

Sementara Asniwati DPRD HANURA juga mengatakan, harusnya P3N jangan dihapus,seperti contohnya didesa kami tinggal selain jauh dari jangkauan kecamatan,juga jalan masih rusak bisa saja rawan kriminalitas, harusnya disatu desa ada satu pembantu nikah atau P3N yang biasa kami sebut ketip.

Harus dicarikan solusi supaya P3N ini bisa diberdayakan seperti sebelumnya agar disaat ada acara didesa yang agak jauh dari kecamatan tetap akan berjalan lancar.

Salah satu warga Tempirai Dian saat diwawancara wartawan selasa,(02/02/2016)mengatakan bahwa, saat banyak yg nikah didesa kami banyak sekali hambatan, selain waktu tunggu agak lama. apalagi pada waktu itu diceritakan olehnya bahwa ada 5 orang yang jadi pasangan penganten jadi betungguan, agak lamek nian," jelasnya dengan logat daerah penukalnya.

Lebih lanjut Dian berharap agar kedepan P3N atau sering kami sebut Ketip, tetap ada lagi disetiap desa guna memperlancar ketika ada yang melangsungkan akad nikah,karna sejak saya lahir jelas Dian yang namanya ketip ini sudah ada,"ungkapnya.(putra)



1 comment:

  1. Promo Cashback dengan Bandar Ceme Online Maykop Region Capital Rusia Situs www.pokerrusia.net Melalui Bank QNB Indonesia dengan Kode Bank 167.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.