OKI Canangkan Kampung KB Dan Launching Program KB Emas

Bupati OKI Launching Program KB Emas
OKI Kayuagung oganpost.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melalui Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) OKI, canangkan Kampung KB dan launching program KB Emas, bertempat di Desa Tanjung Serang Kecamatan Kota Kayuagung, Senin (4/4/2016).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati OKI Iskandar SE, Wabup OKI M.Rifa'i, Sekda OKI H.Husin SPd.MM, Ketua TP PKK Kabupaten OKI Lindasari, Kepala BKKBN OKI Alhadi Nasir, Ketua Perwakilan BKKBN Provinsi Sumsel Ary Goedadi, segenap SKPD, FKPD dan Camat se-Kabupaten OKI serta para undangan.

Ary Goedadi selaku Ketua Perwakilan BKKBN Provinsi Sumsel,dalam kesempatan tersebut mengatakan, Presiden Jokowi mencanangkan program Kampung KB untuk masyarakat, terutama di wilayah kategori miskin, padat penduduk, terpencil yang tersebar di Indonesia.

“Pemerintah pusat ingin program ini mampu menekan laju pertumbuhan penduduk untuk kesejahteraan masyarakat, maka dari kita sama - sama wujudkan semua itu melalui pencanangan Kampung KB ini,” jelas dia.

Hal senada juga disampaikan Alhady Nasir selaku Kepala BKKBN Kabupaten OKI. Dalam mendukung program Kampung KB tersebut, Pemerintah Kabupaten OKI juga mencanangkan program KB Emas,Program ini adalah yang pertama di Sumsel bahkan di Indonesia

KB Emas merupakan singkatan dari Emphaty, yakni memberikan perhatian kepada masyarakat yang belum tersentuh layanan KB, Man atau orang, yaitu ketersediaan petugas di lapangan, Assurance artinya memberikan jaminan dan rasa aman,kemudian Skill adalah keahlian petugas di lapangan, semuanya akan dipenuhi untuk menjangkau objek KB di wilayah pelosok.

Dan ditargetnya tahun 2018 seluruh masyarakat OKI sudah menikmati pelayanan KB secara gratis. Selain itu, menurut dia, program ini bertujuan lebih mendekatkan pelayanan KB kepada masyarakat, terkhusus bagi mereka yang belum mengikuti program KB terutama di pesisir, di pelosok dan dusun terpencil.

Masih banyaknya masyarakat yang belum mengikuti program Keluarga Berencana (KB) melatarbelakangi program ini. Sebab dari data tercatat, sebanyak 178.638 pasangan usia subur di OKI, 39.284 pasangan diantaranya bukan peserta KB. Sasaran utama kita yaitu wilayah pelosok yang belum tersentuh program KB. Kami yakin, target ini dapat terpenuhi.

“Untuk menyukseskan program KB Emas ini, BKKBN OKI akan melakukan kegiatan safari KB di 4 kecamatan perairan yaitu Kecamatan Sungai Menang, Kecamatan Cengal, Kecamatan Air Sugihan dan Kecamatan Tulung Selapan. Selain itu juga akan dilakukan pelayanan KB keliling yang khusus dilakukan di daerah lebak-lebak,” jelas dia.

Sementara itu Bupati OKI Iskandar SE menyampaikan, sebenarnya program KB sudah ada sejak dahulu. Maka dari itu sudah menjadi kewajiban kita untuk terus melanjutkannya. Karena apa program KB ini sangat baik.,“Melalui program ini diharapkan mampu menekan laju pertumbuhan penduduk demi kesejahteraan masyarakat,” terang Bupati.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pernyataan kebulatan tekad terhadap dukungan program KKBPK oleh mitra kerja serta penyerahan petugas pembantu keluarga berencana desa (PPKBD) yang diterima kader PPKBD Desa Tanjung Serang, Bina Keluarga Balita (BKB) Kit diterima kelompok BKB Desa Tanjung Serang dan Generasi Remaja (Genre) Kit diterima Pondok Pesantren Fisabilillah serta IUD Kit diterima oleh 9 Puskesmas. Sedangkan untuk Implant Kit juga diterima oleh 9 Puskesmas diwilayah Kabupaten OKI.

Lalu dilanjutkan dengan peninjauan lokasi pelayanan KB metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) dan stand usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS) oleh Bupati OKI Iskandar SE.(andi)

No comments

Powered by Blogger.