IBI Pali Gelar Seminar Kesehatan

Wakil Bupati Pali Ferdian Andreas Lacony S.Kom MM bersama pengurus IBI kabupaten Pali

PALI oganpost.com - Memperingati ulang tahun yang ke 65, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) cabang kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), menggelar seminar kesehatan serta pengukuhan Bidan Delima. Kegiatan ini bertempat di Gedung Pesos PT Pertamina Asset II Pendopo Field, kecamatan Talang Ubi, kamis (1/9).

Wakil bupati PALI Ferdian Andreas Lacony S.Kom MM, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa profesi bidan merupakan tugas yang mulia, yang harus dicontoh. Terlebih lagi seorang bidan desa, meskipun dibawah terik sinar matahari maupun banyak rintangan lain yang menghadang, para bidan desa tetap menjalankan tugas untuk melayani masyarakat dengan baik.

"Bidan merupakan ujung tombak kesehatan, dan demi meningkatkan kualitas kerja para bidan, saya akan meminta bupati memberikan insentif kepada bidan. Untuk hal tersebut saya akan berkoordinasi dengan bupati terlebih dahulu, akan tetapi saya meminta kepada ormas IBI agar bisa memasukkan permohonan usulan tersebut, "ucapnya.

Pada kesempatan itu, Ketua IBI Kabupaten Pali, Kasmiati AM.Keb menjelaskan, dalam peringatan HUT IBI di PALI, IBI Pali menggelar Seminar Kesehatan sekaligus mengukuhan kepengurusan anggota, yang bernama Bidan Delima. Adapun anggotanya berjumlah 423 orang, dan dikukuhkan langsung di kota Jakarta.

"Bidan delima merupakan bidan yang profesional, dan mempunyai validasi khusus, memiliki sumber daya yang cukup dibandingkan bidan lainnya. Peran bidan sangatlah dibutuhkan di wilayah pedesaan, sebab dapat meningkatkan kualitas kesehatan itu sendiri, bidan merupakan temannya perempuan," ujarnya. Kamis (1/9)

Sementara Kadinkes dr Eni Zatillah Mkm, mengungkapkan, bidan berperan penting untuk membantu dokter, terlebih lagi di desa, pada setiap desa ditempatkan 4 orang bidan, guna meningkatkan pelayanan kesehatan. Bukan itu saja dinas kesehatan akan berupaya membina bidan agar dapat meningkatkan kualitasnya.

"Dalam usia 3 tahun ini, pihaknya diperintahkan bupati dan wakil bupati, untuk bagaimana menciptakan kinerja yang profesional, dan mempercepat roda pemerintahan, khususnya sektor kesehatan, disini hanya tersedia 1 rumah sakit RSUD Talang Ubi, yang memiliki kualitas dibidang pelayanan," tutupnya. (Putra)

No comments

Powered by Blogger.