Zahrudin saat menunjukkan bukti absensi anggota DPRD Ogan Ilir

INDRALAYA, OganPost
Badan Kehormatan (BK) DPRD Kabupaten Ogan Ilir (OI) terkesan mandul dalam menegakkan indisipliner para wakil rakyat diinstitusinya. Hal ini terbukti setelah sebuah kasus pelanggaran tata tertib DPRD OI yang dilakukan salah satu oknum anggota dewan Fraksi PPP hingga saat ini belum diketahui apa hasilnya.

Porsaid Abdullah, anggota DPRD OI dilaporkan Zahrudin rekan separtainya karena telah melanggar Tata Tertib DPRD OI No 1 Tahun 2014, terkait ketidak hadirannya dalam rapat paripurna selama 7 kali berturut-turut pada tahun 2015 lalu. Namun laporan yang disampaikan ke DPRD OI melalui BK sejak 3 bulan terakhir itu terkesan jalan ditempat.

"Sejauh ini saya masih menunggu hasil dari laporan tersebut. Karena hingga saat ini saya pun belum mendapat surat panggilan dari DPRD OI untuk mengklarifikasi laporan saya tersebut. Disini saya melapor sesuai fakta dan aturan yang ada, saya hanya minta ketegasan BK dalam menjalankan aturan yang berlaku," ujar Zahrudin saat dihubungi via selulernya, Senin (3/4).

Sementara salah seorang anggota BK, Rizal Mustofa membantah jika kasus ini terkesan jalan ditempat. Menurut dia pihaknya telah melakukan rapat internal bersama kelima orang anggota BK. Hasilnya disepakati untuk melakukan konsultasi kebiro hukum Gubernur Sumsel.

"Mengingat kasus ini kejadiannya sudah 2 tahun lebih jadi kita agak berhati-hati dalam menindaklanjutinya. Jangan sampai salah langkah. Selain itu BK hanyalah sebatas pembinaan saja bagi para dewan yang diketahui melanggar tatib. Sepenuhnya hak partai untuk me recall atau pemberhentian. Kita telah bekerja secara normatif jika dibilang tidak ada nyali untuk menindak kasus ini," terang politisi Nasdem itu.

Terpisah Ketua BK DPRD OI, Arhandi Tabroni saat dihubungi via selulernya mengaku jika pihaknya tidak bisa serta merta mengeksekusi laporan ini, pihaknya akan konsultasi dahulu dengan para ahli hukum. Dirinya beranggapan jika nanti rekomendasi PAW dilakukan, otomatis pihaknya akan digugat. Maka dari itu semuanya harus dipelajari lebih lanjut lagi sebelum memutuskan.

"Kita sudah 3 kali rapat internal, dan kita putuskan untuk konsultasi dulu kegubernur sumsel. Dalam waktu dekat kita akan memanggil pihak pelapor dan terlapor. Saat ini kita tengah mempelajari kasus ini, sesuai dengan aturan yang berlaku," singkatnya.

Lain lagi, anggota BK lainnya Suharto mengaku tidak mengetahui surat laporan ini, menurut dia pelapor seharusnya langsung menemui pihaknya, karena sejauh ini dirinya belum membaca apa isi surat tersebut. "Tidak tau apa laporannya, apa buktinya, saya belum baca sama sekali. Coba bilang sama pelapor untuk langsung menemui BK," akunya.

Lalu bernyalikah BK DPRD OI merekomendasikan PAW terhadap Porsaid yang jelas-jelas telah melanggar tatib DPRD OI No 1 Tahun 2014 itu, dimana jika anggota dewan absen dalam rapat-rapat paripurna selama 6 kali berturut-turut maka harus dilakukan pemberhentian atau PAW. Kita tunggu saja..(frd)
ONews

ONews

ONews - Berita hari ini, kabar harian terbaru terkini Indonesia dan dunia. Situs berita terpercaya seputar politik, peristiwa, bisnis, bola, tekno dan gosip artis.

Post A Comment:

3 comments:

  1. ayo menang kan ratusan juta rupiah di ion-QQ| tunggu apa lagi gan , segera daftar kan diri anda di Ionqq|pin bb : 58ab14f5

    ReplyDelete

  2. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || bbm : 55F97BD0 || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete
  3. Dalam rangka memeriahkan hari Raya Imlek 2018 ID303 memberikan Hadiah Angpao hingga 125.000 sebagai tambahan bonus untuk seluruh member setia ID303 yang berlaku untuk semua permainan kecuali Bola Tangkas dan Togel Online.

    Tunggu Apalagi Boss
    Ayo Segera bergabung Dengan Kami !!!
    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    BBM : 7B3130BF
    whatsapp : +6281326993756
    wechat : ID303
    line : cs.ID303

    ReplyDelete