Cek Karhutlah, Bupati OKI Minta Perusahaan Peduli Areal Sekitar


Kayuagung oganpost.com-Bupati Ogan Komering Ilir, H Iskandar SE meminta perusahaan agar peduli kepada areal sekitar HGU dalam pengendalian kebakaran hutan kebun dan lahan (Karhutbunlah). 

Seperti saat meninjau kebakaran lahan di desa Penyandingan Kecamatan Tulung Selapan, pada Selasa, (17/9) Bupati OKI yang didampingi Kapolres, Dandim dan instansi terkait menemukan kebakaran lahan yang tidak jauh dari lokasi Perkebunan tebu PT Dinamika.

Orang nomor 1 di Bumi Bende Seguguk ini meminta perusahaan lebih proaktif melakukan pemadaman meski bukan diareal HGU,“Saya minta dalam 1x24 jam jangan lagi ada asap dari sini lakukan pemadaman secara keroyokan upaya yang ada untuk dioptimalkan“ tegas Iskandar.

Sejak Januari tambah Iskandar pihaknya telah meminta komitmen pemegang HGU di wilayah ini untuk tanggap dan siaga karhutbunlah.

“Sejak awal kita tagih komitmen masing-masing agar membantu memadamkan karhutla bukan hanya di kebun sendiri tapi juga yang ada di sekitar dekat perusahaan karena karhutla merupakan tanggung jawab bersama bukan hanya pemerintah TNI/Polri saja” tungkasnya.

Iskandar juga meminta camat dan kades agar proaktif memantau perkembangan pemadaman karhutla yang ada di desanya,“Setiap ada kejadian segera laporkan agar segera diambil tindakan oleh satgas”ungkap Iskandar.

Iskandar juga menghimbau kepada warga sekitar untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar.“Kalau membuka lahan jangan sampai dengan membakar, kita semua rugi,"imbuhnya.

Sebagai solusinya Iskandar meminta masyarakat untuk membuat kelompok tani. Kalau sudah ada kelompok tambahnya akan mempermudah usulan bantuan baik itu alsintan maupun pengolahan lahan.

Kapolres OKI, AKBP Donni Eka Saputra menambahkan, areal yang terbakar memang diluar HGU perusahaan namun pihak akan melakukan penyelidikan dan memanggil manajemen perusahaan.

“Kita lihat sudah ada upaya untuk memadamkan tapi akan kita dalami 
para pimpinan perusahaan tersebut akan dipanggil untuk dimintai kepedulian terhadap karhutla yang saat ini juga sudah menjadi perhatian nasional,"katanya.

Doni merinci lahan gambut yang terbakar di Desa Sukaraja Kecamatan Pangkalan Lampam dan Penyandingn Kecamatan Tulung Selapan cukup luas sekitar 10 hektar,“memang areal terbakar sudah berkurang tapi masih terlihat asap untuk itu ini harus betul-betul padam” tutupnya.(red)

2 comments:

  1. Admin numpang promo ya ^^
    Ay0 pas4n9 tim jag0anmu dis1ni upd4te 8ett1n9 : Info lebih lanjut WA+855 979 542 957

    ReplyDelete
  2. Izin ya admin..:)
    Suntuk di rumah yuk gabung dan menangkan permainan kartu bersama kami hanya di ARENADOMINO 9 game kami sediakan untuk kalian semua so tunggu ap lagi yukk... WA +855 96 4967353

    ReplyDelete

Powered by Blogger.